KabarBijak

Bank Mandiri Buka 10 Ribu Rekening Baru Disabilitas di Jabar-Yogya

Bank Mandiri membuka 10 ribu rekening baru bagi teman Disabilitas di Jabar hingga Yogya.

310  views

KamiBijak.com, Infosiana – Bank Mandiri melalui Gerakan Akselerasi Ekonomi Inklusif sedang memfasilitasi pembukaan 10 ribu rekening tabungan baru khusus untuk nasabah disabilitas di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Langkah ini bertujuan untuk mendorong inklusivitas bagi individu disabilitas di Indonesia.

Evi Dempowati, SVP Retail Deposit Products and Solution di Bank Mandiri, menyatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan bentuk peringatan untuk Hari Disabilitas Internasional yang akan datang pada Sabtu, 2 Desember 2023.

"Program ini mencerminkan dukungan konkret dari Bank Mandiri terhadap inisiatif inklusi keuangan untuk komunitas disabilitas yang diinisiasi oleh regulator. Terutama bagi penyandang disabilitas dan warga terpencil, mereka merupakan kelompok masyarakat yang belum banyak terjangkau dalam sistem keuangan," ujar Evi dalam keterangan tertulis pada Selasa, 21 November 2023.

Program ini tidak hanya memberikan rekening tabungan, tetapi juga menyediakan pelatihan literasi dasar perencanaan keuangan. Materi pelatihan mencakup pengenalan produk perbankan, pengelolaan keuangan, pemahaman investasi, dan transaksi keuangan. Bank dengan logo pita emas ini juga memberikan literasi tentang menjadi wirausaha muda bagi individu disabilitas.

Evi menjelaskan bahwa Gerakan Akselerasi Ekonomi Inklusif ditujukan untuk individu disabilitas dari berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bank Mandiri juga menyediakan berbagai produk tabungan sesuai kebutuhan calon nasabah, mulai dari Tabungan NOW, Tabungan Mitra Usaha hingga Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) bagi disabilitas yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK).

Diketahui bahwa seremoni pembukaan 10 ribu rekening baru dilakukan di Jakarta, sementara distribusi rekening tabungan lainnya akan dilakukan secara bertahap.

Evi lebih lanjut menjelaskan bahwa setiap rekening tabungan akan langsung terisi saldo senilai Rp 100 ribu. Nasabah baru ini juga dapat menggunakan kartu ATM dan mengakses layanan Super App Livin' by Mandiri untuk melakukan transaksi keuangan.

Di sisi lain, Rudi As Aturridha, Corporate Secretary Bank Mandiri, menjelaskan bahwa program ini akan dimulai dengan memberikan rekening kepada perwakilan komunitas disabilitas secara seremonial, mencapai puncaknya dalam peringatan Hari Disabilitas di Istana Negara pada 2 Desember 2023 mendatang.

"Kami berharap, melalui program ini, individu disabilitas dapat memanfaatkan produk dan layanan perbankan dari Bank Mandiri. Selain itu, diharapkan program ini dapat meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan keuangan. Harapannya, program ini dapat menjadi upaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif," ungkap Rudi.

Sementara itu, Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden, berharap bahwa pembukaan rekening ini dapat menjadi sarana untuk memperluas literasi dan inklusi keuangan di semua lapisan masyarakat, sesuai dengan komitmen pemerintah.

"Karena semua masyarakat berhak mendapatkan akses literasi keuangan. Diharapkan dengan Gerakan Akselerasi Ekonomi Inklusi, kedepannya dapat meningkatkan akses keuangan bagi teman-teman penyandang disabilitas," ujar Angkie. (Zevazan/MG)

Sumber: detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.