KabarBijak

Bank Asal Amerika Mulai Gunakan Bahasa Isyarat di Layanan Pelanggan

JP Morgan Chase Bank membuka cabang khusus untuk melayani nasabah dengan penyandang disabilitas tuli...

493   views

Kamibijak, Infosiana. JP Morgan Chase Bank. Bank asal Amerika Serikat ini membuat terobosan dalam hal pelayanan. Baru-baru ini, JP Morgan Chase Bank membuka cabang khusus untuk melayani nasabah dengan penyandang disabilitas tuli, 28 Januari 2020 lalu.

Kota Washington DC merupakan salah satu cabang dari JP Morgan Chase Bank yang telah mempekerjakan penerjemah bahasa isyarat. Pihak bank juga menyediakan aplikasi yang dapat membantu teller bank berkomunikasi dengan nasabah penyandang disabilitas, terutama teman tuli.

"Sebagai bank, kami ingin membuat layanan perbankan tersedia untuk semua pelanggan. Termasuk para penyandang cacat dan keluarga mereka," ujar Jim Sinocchi, Kepala divisi Inklusi Disabilitas JP Morgan Chase Bank.

"Teknologi dan desain dari cabang baru kami akan memungkinkan nasabah tuli dan kesulitan pendengaran untuk dengan mudah mengakses layanan kami. Ini kami harapkan membuat mereka nyaman," tambah Jim.

Teknologi yang ditawarkan oleh Chase Bank ialah layanan berbayar aplikasi interpreter yang akan dihubungkan dengan juru bahasa isyarat Amerika (ASL).

Rupanya Chase bank bukan merupakan bank pertama yang sudah ramah dengan disabilitas tuli. Barclays Bank asal Inggris, sejak tahun 2013 menjadi pionir layanan berbahasa isyarat bagi nasabah yang mengalami kesulitan dalam mendengar dan disabilitas tuli di negara Ratu Elisabeth. Barclays Bank dengan menggunakan aplikasi SignVideo .

Dengan menggunakan gawai pintar tablet, nasabah bisa mengakses layanan bank dari rumah dengan bantuan aplikasi SignVideo yang sudah bekerja sama dengan Barclays Bank. Terobosan ini mendapatkan respon positif dari komunitas Tuli di Inggris.

“Fantastis!, mereka (Barclays bank-red) itu membantu orang tuli agar pelanggan merasa dihargai dan setara,"  ujar Dave Buxton, Direktur British Deaf Association (BDA), dikutip dati choose.co.

Negara-negara maju kini sudah memperhatikan kesejahteraan bagi kaum disabilitasnya dengan memberikan begitu banyak fasilitas yang inklusif. Semoga Indonesi juga mengikuti langkah bank-bank besar tersebut untuk mewujudkan inklusifitas bagi penyandang disabilitas.

Sumber: https://wjla.com/news/local/chase-ban...

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.