BijakFlash

Bangun Lingkungan Kerja Lebih Inklusif dan Ramah Karyawan Tuli

Mari Ciptakan Lingkungan Kerja yang Lebih Inklusif dan Ramah Bagi Tuli

287  views

KamiBijak.com, Flash - Inklusivitas dan prinsip kesetaraan di tempat kerja merupakan dua hal yang penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, dengan cara mendukung dan membantu dalam membangung lingkungan kerja yang ramah bagi Karyawan Tuli atau disabilitas lainnya. Perlu diketahui karyawan dengan gangguan pendengaran, Tuli ataupun disabilitas lainnya tentunya memiliki potensi dan bakat yang sama dengan karyawan non disabilitas, namun mereka kerap mendapat hambatan dalam melakukan pekerjaannya hal ini dikarenakan aksesibilitas dan akomodasi kurang diperhatikan dalam lingkungan kerja.

Membangun lingkungan kerja ramah Tuli dan gangguan pendengaran lainnya bukan hanya tentang pemenuhan kewajiban melainkan juga tentang membangun sebuah budaya kerja dengan asas saling menghargai setiap perbedaan. Perusahaan dan karyawan lainnya juga harus berusaha dalam membantu karyawan tuli merasa terisolasi, biasanya karyawan Tuli mereka akan merasa terisolir dari teman kerja lainnya dikarenakan kekurangan atau kesulitan dalam berkomunikasi akibat kekurangannya. Disinilah peran penting perusahaan dalam membangun lingkup kerja yang kondusif dan ramah untuk Tuli, penting bagi perusahaan untuk menyediakan akomodasi serta dukungan teknologi dan aksesibilitas untuk karyawan dengan gangguan pendengaran, upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan akses Komunikasi
  2. Menyediakan Akomodasi Fisik 
  3. Mengapresiasi Keterampilan dan Perspektif Unik
  4. Memberikan atau Menawarkan Program Mentoring atau Pengembangan Kepemimpinan

Dengan menerapkan sistem seperti ini, para pengusaha tentunya dapat menciptakan ruang kerja bagi karyawan mereka menjadi lebih Inklusif juga mendukung keterbatasan karyawan Tuli, hal ini tentunya dapat menciptakan budaya kerja yang ramah dan dapat memastikan untuk sama sama dapat memiliki peluang keberhasilan yang sama. (Faridz/MG)

Sumber: liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.