BijakFun

Bandara Internasional Yogyakarta Mudahkan Disabilitas dengan Layanan SOS

Layanan SOS akan diberlakukan di Bandara Internasional Yogyakarta untuk mempermudah disabilitas.

223  views

Kamibijak.com, Hiburan – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) luncurkan layanan SOS bagi disabilitas untuk membantu aksesibilitas layanan bandara. Layanan ini juga menjadi layanan SOS disabilitas bandara pertama di Indonesia.

“Layanan ini untuk disabilitas yang ingin mengakses layanan di bandara. Ini baru pertama di Indonesia,” jelas General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, seperti yang dilansir oleh iNews saat perilisan layanan SOS tersebut pada Rabu, (28/12/2022) lalu.

Layanan ini berada di terminal keberangkatan bagian depan, pemanggil berupa tombol yang dilengkapi dengan mikrofon sehingga disabilitas yang ingin menggunakan memencet secara otomatis kepada customer service. Setelah tombol ditekan, akan ada petugas yang datang untuk melayani disabilitas.

Layanan bisa didapatkan dari awal proses check-in, daftar tunggu, hingga keberangkatan pesawat.

“Layanan ini juga bisa diakses penumpang dalam kondisi darurat. Misalnya sesak napas tinggal pencet nanti ada petugas dengan peralatan medis akan datang membantu,” lanjut Agus Pandu.

Layanan SOS ini juga akan dikembangkan di beberapa lokasi lain di area YIA seperti ruang tunggu, toilet, dan lain-lain.

Inovasi ini pun mendapatkan apresiasi dari Accessible Tourism, GIPI DIY, Meyra Marianti karena belum ditemukan akses seperti ini di bandara Indonesia yang lain. 

“Sejak 2019 kami sudah diminta melakukan asesmen, kini ditambah layanan SOS,” jelas Meyra. (MG/Disha)

Sumber : iNews.id

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, like, follow, dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.