BijakFlash

Bahaya Mengunduh Aplikasi PeduliLindungi Dari Link Tautan yang Tersebar di WhatsApp

Pentingnya mengunduh aplikasi PeduliLindungi dari sumber yang resmi seperti App Store dan Google Playstore untuk mencegah bocornya data diri pribadi.

120   views

KamiBijak.com, Flash – Imbauan yang disampaikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberitahu agar masyarakat jangan mengunduh aplikasi PeduliLingungi dari tautan yang beredar di aplikasi pesan WhatsApp. 

Masyarakat juga diingatkan untuk tetap mengunduh aplikasi ponsel pintar PeduliLindung dari sumber resmi seperti App Store dan Google Play Store. Dilansir dari Merahputih.com, Devie Rahmawati selaku Tenaga Ahli Kemenkominfo, mengungkapkan, "Jangan mengunduh dari link yang mengaku akses PeduliLindungi lewat Whatsapp Grup". 

Karena menurutnya, ada kemungkinan bisa saja link dari tautan tersebut bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi yang membuka link tautan tersebut. 

Devie juga menambahkan, bahwa persoalan keamanan data pengguna dari aplikasi PeduluLindungi berawal dari masyarakat itu sendiri. Masih banyak masyarakat yang justru memberikan data pribadi mereka seperti berswafoto menggunakan Kartu Tanda Identitas (KTP) atau meletakkan Kartu Keluarga (KK) di sembarang tempat. 

Dengan kebebasan masyarakat yang masih banyak memamerkan data pribadi tersebut, membuat data pribadi tersebut bisa digunakan sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka dari itu pemerintah mengharapkan agar tidak sembarangan menyebarkan data pribadi.

Hingga sekarang, aplikasi PeduliLindungi memiliki 39.886.900 pengguna dan telah digunakan di fasilitas publik oleh 22 juta warga. Adapun fitur dalam aplikasi itu sudah digunakan di 4.637 titik lokasi. Di antaranya stasiun, gedung, lokasi perkantoran dan industri, hotel, mal, dan fasilitas olahraga. (GLOR/MG)

Sumber : https://merahputih.com/post/read/pemerintah-beberkan-bahaya-unduh-aplikasi-pedulilindungi-dari-tautan-whatsapp 

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
============================================================
Tag: pedulilindungi,peduli lindungi id,pedulilindungi whatsapp,link pedulilindungi,link pedulilindungi id,cara masuk pedulilindungi,link download pedulilindungi,link apk pedulilindungi,cara mengisi link pedulilindungi,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com