BijakFun

Bahaya! Mager Bisa Mengundang Penyakit Jantung

Kebiasaan mager akan mengundang penyakit jantung. Penyakit ini biasanya diderita oleh perempuan, menurut hellosehat.

228   views

Kamibijak.com, Hiburan – Masa pandemi Covid-19 membuat semua orang diharuskan untuk melakukan kegiatan di rumah. Bekerja di rumah memang mempermudah kita. Kita tidak usah pergi dan membayar ongkos transportasi, bekerja bisa dilakukan di kamar.

Kelihatannya menyenangkan. Namun bekerja di rumah menyebabkan kamu kurang bergerak. Kamu hanya duduk menghabiskan sebagian besar waktumu di rumah. Kamu harus tahu, hal tersebut bisa mengundang penyakit.

Journal of the American Heart Association menjelaskan gaya hidup mager atau malas gerak dan terlalu lama duduk beresiko terkena penyakit jantung. Sedangkan, menurut laman Hellosehat, mereka melakukan penelitian terhadap kebiasaan duduk terhadap perempuan pascamenopause yang berusia 55 tahun atau mempunyai berat berlebih.

Para perempuan dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok Hispanik dan non-Hispanik.

Selama 14 hari, para perempuan dipasangi alat melacak aktivitas. Kemudian, mereka menjalani tes gula darah sebelum dan sesudah penelitian yang bertujuan untuk melihat berapa lama berada di posisi duduk. Hasilnya menunjukkan rata-rata lama duduk di kedua kelompok tersebut lebih dari 8,5-9 jam.

Ini menunjukkan bahwa para perempuan jarang bergerak sehingga memiliki hasil tes kesehatan yang buruk. Seharusnya mereka bisa lebih sehat dengan melakukan aktivitas di rumah.

Kebiasaan Mager dan Penyakit Jantung

Pada tahun 2018, Data Riset Kesehatan Dasar memaparkan kasus penyakit jantung di Indonesia lebih banyak diderita oleh perempuan. Sebanyak 1,6 persen untuk populasi perempuan, sedangkan pria 1,3 persen.

Hal ini berhubungan kuat dengan kebiasaan mager. Gaya hidup mager membuat tidak ada aktivitas otot selama duduk. Ketika duduk terlalu lama, metabolisme tubuh akan melambat dan membakar 50 kalori, sangat sedikit jika dibandingkan saat berdiri.

Selain itu, kemampuan tubuh mengatur gula dan tekanan darah juga akan berkurang saat terlalu lama duduk.

Maka dari itu, disarankan untuk berdiri atau bergerak selama 30 menit sekali dan memberi jeda selama 1-2 menit untuk melakukan hal lain.

Berolahraga sedikitnya 150 menit per minggu. Namun, jika kamu tidak melakukan ini secara rutin, hal ini tidak akan membuahkan hasil yang maksimal jika masih melakukan kebiasaan duduk terlalu lama.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/kelamaan-mager-bikin-sakit-jantung
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): penyakit jantung,penyebab penyakit jantung,jantung koroner,penyakit jantung koroner,mager,bahaya mager,bahaya kurang bergerak,tips sehat wfh,tips sehat saat bekerja di rumah,pandemi covid 19,covid 19,virus corona,pandemi virus corona,kamibijak,kami bijak
...