BijakFlash

Bagi Penggemar Pedas, Harus Coba Ini Saat Kulineran di Indonesia

Indonesia terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah, dan ini kerap diartikan kebanyakan orang sebagai rasa pedas.

585   views

Kamibijak.com, FLASH – Bicara soal wisata di Indonesia, tentu tak bisa dipisahkan dari wisata kulinernya. Masing-masing daerah di Indonesia punya kuliner khasnya masing-masing, dengan bumbu dan bahan yang tersedia di daerah tersebut. Karena berangkat dari berbagai bahan lokal, tentu saja rasanya juga khas. Nah, apa saja makanan-makanan itu? Yuk lihat! Tentu saja sambil siapkan perut ya, supaya siap menampung makanan-makanan ini saat akan dicoba.

Dimulai dari bagian paling ujung Indonesia, ada Mie Aceh. Tentu sudah jelas makanan ini khas daerah Aceh. Mie ini mirip mie goreng, tetapi dengan mie yang teksturnya lebih besar dari mie yang biasa kita temui. Bumbunya kaya rempah seperti jintan, bunga pekak, dan jitan menghasilkan warna cokelat gelap dan aroma yang begitu kompleks. Biasanya, aneka daging serta seafood menjadi lauk pendamping makanan yang satu ini.

Bergerak ke arah timur, ada rendang yang masih berasal dari daerah Sumatera. Rasanya, tak ada orang yang tak kenal rendang. Makanan yang telah mendapat penghargaan sebagai makanan terlezat di dunia ini bisa dengan mudah dijumpai di berbagai rumah makan Padang atau Kapau. Makanan ini tentu saja mengandung berbagai macam rempah dan banyak cabai yang menghasilkan hasil akhir masakan yang pedas berempah berwarna kehitaman.

Masih di daerah Sumatera, ada pempek. Ini adalah olahan ikan yang digiling lalu dibuat semacam gorengan. Biasanya, disantap menggunakan kuah cuko yang rasanya pedas segar yang kerap kali pedasnya keterlaluan, sehingga disajikan bersama ketimun untuk mengurangi rasa pedasnya. Gurih amis khas ikan yang lezat masih ditambah harum bau ebi dalam kuah cuko tentu saja sudah siap menggoyang lidahmu.

Di Pulau Jawa kita disambut santapan Jawa yang masih membawa rasa pedas tetapi lebih ramah. Ada pecel, sajian sayur rebus yang disiram bumbu kacang. Eh, jangan kira isi bumbu kacangnya sederhana. Dalam bumbu pecel yang lezat, ada berbagai rempah seperti bawang, daun jeruk, dan kencur di dalamnya. 

Lalu, ada juga ayam betutu khas Bali. Sajian yang satu ini juga pasti sudah sering kita dengar, bukan? Bahkan sekarang juga sudah banyak dijual di mana-mana. Hidangan unggas khas Bali ini memiliki bau wangi rempah yang khas, dengan warna kuning kemerahan. Yang digunakan untuk memasak ayam ini adalah bumbu genep, yang mengandung cengkeh, pala, bangle, serta aneka bumbu khas Bali yang membuat rasanya semakin sedap.

Yang terakhir, ada rica-rica. Yang sat ini seperti balado-nya orang Manado. Dibuat dari berbagai bumbu sederhana seperti bawang putih, cabai, tomat, dan sereh membuatnya menjadi masakan daerah yang mudah dibuat. Rasa pedasnya juga bisa disesuaikan, tanpa mengurangi kenikmatan rasanya.

Nah, bagaimana? Kalian tertarik untuk mencoba yang mana? (JN/MG)

Sumber: https://kulineria.id/top-10/10-makanan-khas-daerah-di-indonesia-yang-pedas/ 


#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): kuliner,pedas,indonesia,kuliner pedas,kuliner pedas indonesia,mie aceh,rendang,ayam betutu,kuliner indonesia,pempek,rica-rica,kuliner pedas asli indonesia,makanan pedas,makanan khas indonesia,kamibijak,kami bijak