Lewati Iklan malesbanget.com

Audio Mobile Library, Aplikasi Literasi Informasi untuk Tunanetra

Audio Mobile Library adalah aplikasi berbasis android yang dapat memberikan informasi akurat untuk penyandang tunanetra.

153   views

Kamibijak.com, Hiburan - Tunanetra tidak perlu ragu lagi untuk mendapatkan informasi terbaru yang akurat dan terpercaya. Saat ini sudah ada Audio Mobile Library atau AML, sebuah aplikasi hibah sekaligus bentuk kerja sama Badan Literasi Braille Indonesia (BLBI) dengan Siloam Mobile Phone Korea Selatan yang dibuat untuk mempermudah tunanetra dalam mendapatkan informasi. 

Odjak Reynald Simatupang selaku Kepala Seksi Penyediaan dan Pemanfaatan Literasi Braile di BLBI, mengatakan aplikasi tersebut dapat diunduh di gadget berbasis Android. Kontennya diisi oleh administrator BLBI setiap hari dan serverya ada di Korea Selatan.

Aplikasi yang dikembangkan sejak tahun 2018 ini melibatkan tim Audio Rekaman BLBI, Abiyoso. Bagi pengguna yang ingin menikmati layanan ini dapat mengunduh aplikasi berbasis android bernama Global Siloam Phone, Siloam Center for The Blind di Play Store.

Setelah selesai mengunduhnya, pengguna akan dimintai informasi asal negara dari tiga pilihan negara yang tersedia, yaitu Filipina, Indonesia, dan Myanmar. Setelah memilih asal negara, pengguna harus melakukan registrasi untuk mengetahui apakah pengguna kelompok disabilitas atau bukan.

Data yang diperlukan selama registrasi diantaranya membuat identitas pengguna melalui nama dan kata sandi. Juga data pribadi berupa nama, tanggal lahir, nomor telepon, alamat, serta keterangan difabel atau non-difabel. Setelahnya, pengguna bisa menikmati layanan dari aplikasi tersebut.

Ada beberapa rubrik yang bisa dinikmati dalam aplikasi ini, diantaranya berita, berita netra, pengembangan diri, literatur agama, fiksi dan literatur, buku sekolah, pengetahuan umum, serta My Library.

Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa menggunakan berbagai fitur dan fungsi. Fungsi yang disediakan antara lain pengaturan volume, memperlambat atau mempercepat suara, menghentikan sementara atau pause, dan pengatur waktu.

Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso telah melakukan pendampingan penggunaan aplikasi Audio Mobile Library tersebut pada 12 Desember 2019. Pendampingan dilakukan di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Mahatmiya Tabanan, Bali.

Ketut Sumpena selaku Kepala BRSPDSN mengatakan aplikasi tersebut bisa menjadi sarana menambah informasi, pengetahuan, dan literasi bagi tunanetra.

Sumber: 
https://difabel.tempo.co/read/1297666/aplikasi-audio-mobile-library-untuk-tingkatkan-literasi-tunanetra/full&view=ok
----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

Link Gambar:
Gambar 1: 
https://difabel.tempo.co/read/1297666/aplikasi-audio-mobile-library-untuk-tingkatkan-literasi-tunanetra/full&view=ok
Sumber: Tempo.co
Gambar 2:
https://difabel.tempo.co/read/1297666/aplikasi-audio-mobile-library-untuk-tingkatkan-literasi-tunanetra/full&view=ok
Sumber: Tempo.co
Gambar 3:
https://difabel.tempo.co/read/1297666/aplikasi-audio-mobile-library-untuk-tingkatkan-literasi-tunanetra/full&view=ok
Sumber: Tempo.co
Gambar 4:
https://www.kemsos.go.id/blbi-abiyoso-lakukan-pendampingan-penggunaan-aplikasi-audio
Sumber: Kemsos.go.id

============

Tag: tunanetra,audio mobile library,aplikasi tuna netra,aplikasi audio mobile library,penyandang tunanetra,braille,balai literasi braille indonesia,android,bahasa isyarat,belajar bahasa isyarat,bahasa isyarat indonesia,bisindo,berita bahasa isyarat,media,media bahasa isyarat,tuli,teman tuli,disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas indonesia,difabel,difabel indonesia