KabarBijak

ASEAN Para Games ke-12 Resmi Ditutup, Indonesia Raih Gelar Juara Umum

ASEAN Para Games selanjutnya akan Digelar di Nakhon Ratchasima, Thailand pada 2026.

2,360  views

Kamibijak.com, Infosiana – ASEAN Para Games ke-12 resmi ditutup dalam upacara yang meriah di Stadion Nasional Morodok Techo Phnom Penh, Kamboja, pada Jumat (9/6) malam WIB. Ajang olahraga terbesar bagi disabilitas se-Asia Tenggara ini berlangsung sukses dengan partisipasi negara-negara anggota ASEAN.

Upacara penutupan ditandai dengan pertunjukan seni yang memukau, menggambarkan tali persaudaraan dan persatuan antarnegara-negara Asia Tenggara. Lagu-lagu yang diperdengarkan memiliki lirik bertemakan persatuan dan kebanggaan bersama, dipadukan dengan musik tradisional khas Kamboja dan musik pop modern.

Pertunjukan dimulai dengan tari-tarian yang menggambarkan persatuan negara-negara ASEAN, diiringi oleh musik Kamboja yang memukau. Penari anak-anak membawa lambang hati berwarna merah muda, melambangkan persatuan yang penuh kasih sayang di Asia Tenggara.

Selain itu, lagu yang juga dipentaskan adalah lagu tentang kebanggaan Kamboja yang semakin hidup berkat kunjungan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Ini merupakan momen bersejarah bagi Kamboja, karena mereka menjadi tuan rumah pertama kali untuk SEA Games dan ASEAN Para Games.

Indonesia berhasil meraih gelar juara umum pada ASEAN Para Games ke-12 dengan total 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu. Prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi para atlet disabilitas Indonesia yang telah berjuang dengan semangat juang yang luar biasa.

ASEAN Para Games ke-13 telah ditetapkan akan dilangsungkan di Nakhon Ratchasima, Thailand, pada 20-26 Januari 2026. Para atlet disabilitas dari seluruh Asia Tenggara akan kembali bersaing dalam kompetisi yang penuh semangat dan sportivitas.

Pada akhirnya, ASEAN Para Games tidak hanya menjadi ajang kompetisi olahraga, tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat persaudaraan dan persatuan antarnegara-negara ASEAN. Semangat dan kebanggaan yang terpancar dari para atlet disabilitas merupakan inspirasi bagi kita semua untuk terus mendukung inklusi dan kesetaraan dalam dunia olahraga. (MG/Disha)

Sumber: merahputih.com

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.