BijakFun

Arih Lystia, Penyandang Disabilitas Yang Sukses Menjadi Beauty Vlogger

Kisah inspiratif selalu datang dari mereka yang mampu bangkit di tengah keterbatasan.

807  views

KamiBijak.com, Hiburan – Saat dihadapkan dengan kondisi yang buruk, manusia sering sekali merasa ingin menyerah dengan keadaan. Tak terkecuali dirasakan Arih Lystia Akbar. Ia harus menerima kenyataan menyadang disabilitas di usia yang muda, yaitu 20 tahun lantaran syaraf tangannya putus dan lengan kirinya hancur dan harus menggunakan pen seumur hidupnya, akibat tabrak lari truk di Jalan Soekarno Hatta pada 9 Oktober 2014 lalu.

Pada saat kecelakaan, Arih merupakan mahasiswi di jurusan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Lampung. Namun saat ini Arih sudah kembali kuliah mengambil jurusan managemen di Universitas Terbuka. 

Dalam kondisinya yang sangat putus saat itu, Arih termotivasi dari salah satu tulisan yang mengatakan “Kamu hidup buat apa dan kalau kamu mati kamu mau dikenang sebagai apa”.  

Sehingga Arih mencari cara untuk bangkit kembali, yang tiba-tiba dirinya terinspirasi dari Make Up Artist (MUA) yang menyulap wajahnya menjadi berbeda saat dirinya diundang di acara ulang tahun Hitam Putih Trans7. Arih mulai belajar make up sendiri dan menemukan titik nyaman karena harus menggunakan lutut kakinya untuk memasang peralatan make up.

“Awalnya karena saat itu di undang ke hitam putih dan di sana saya didandanin, karena hasil makeupnya bagus jadi saya tertarik dengan makeup dan mulai belajar secara otodidak. Dan karena tangan kiri saya gak bisa menyentuh wajah dan tangan kanan yang lumpuh jadi saya memanfaatkan lutut saya untuk bermakeup,” ucapnya.

Arih mulai percaya diri menunjukkan hasil make up nya ke channel YouTube-nya (Arih Lystia). Berkat ketekunannya, beberapa bulan kemudian subscribernya mencapai 1.000 dan saat ini dia sudah memiliki 37 ribu lebih subscribers.

“Mencintai diri sendiri menurut saya adalah ketika saya bisa menerima dan mencintai kondisi fisik saya yang berbeda dari sebelumnya.” (Michelle/MG)

Sumber: Hasil Interview (Senin, 21 Februari 2022) dan https://www.instagram.com/arihlystia/?hl=id 

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.