BijakFlash

Ardian Sumarwan, Seniman Bandung Ajari Disabilitas Jepang Bermain Angklung

Mengajari dengan metode unik, yakni menggunakan lampu sebagai penanda agar disabilitas Jepang dapat memainkan angklung.

193  views

Kamibijak.com, FLASH – Ardian Sumarwan, seniman angklung yang berasal dari Bandung, Jawa Barat mengajarkan cara memainkan angklung kepada para disabilitas yang berada di Jepang. Di hadapan 250 dosen dan siswa yang mengambil jurusan musik di Universitas Gifu dan Universitas Chubu, Ardian mulai mengajarkan metode unik memainkan angklung. 

Ardian yang akrab disapa Kang Ari, menggunakan metode unik yang memungkinkan para disabilitas, khususnya Tuli untuk tetap bisa menikmati dan memainkan angklung dengan cara yang berbeda. 

Kang Ari menggunakan lampu sebagai penanda nomor angklung atau nada untuk dimainkan. Hal ini mempermudah siswa Tuli untuk mengikuti nada dan memainkan angklung. Tujuannya ke Jepang tentunya untuk menyebarluaskan metode pembelajaran tersebut bagi kaum disabilitas kepada pengajar seni di Jepang. 

"Misi saya ke Jepang ini adalah memperkenalkan angklung kepada masyarakat Jepang khususnya mahasiswa seni musik dan mahasiswa fakultas Luar Biasa di Universitas Gifu dan Universitas Chubu dengan memberikan metode pembelajar seni musik bagi disabilitas," ujar Ardian.

Adanya kegiatan ini, ia berharap bisa menjalin hubungan yang bagus antara Indonesia dan Jepang melalui kedua universitas tersebut, agar bisa mewujudkan penyelenggaraan konser akbar siswa disabilitas di Provinsi Gifu. 

Selain itu, Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi juga mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh Kang Ari tersebut. Upaya tersebut patut diberikan apresiasi dan dukungan. Menurut Heri, elemen inklusivitas menjadi unsur penting dalam promosi tersebut. 

"Kang Ari menjadi salah satu dari sedikit seniman Indonesia yang berinovasi untuk memastikan semua orang dapat menikmati kesenian Indonesia, khususnya angklung," ujar Heri.

Sebagai bentuk dukungan konkret KBRI Tokyo, Heri mengundang Kang Ari untuk hadir di Wisma Indonesia di Tokyo pada Minggu, 3 Juli 2022. Kang Ari menghadiri acara tersebut bersama Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. (MG/Alissa)

Sumber : medcom.id 

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.