BijakFun

Apakah Sariawan Dapat Menular? Ini Faktanya

Masih beredar mitos tentang sariawan, tetapi mitos ini telah terbukti secara ilmiah? Berikut ini faktanya!

797   views

Kamibijak.com, Hiburan – Masih ada beredar mitos tentang sariawan. Tidak sedikit yang percaya bahwa penyakit ini bisa menular ketika seseorang menggunakan alat makan yang sama dengan penderita sariawan. 

Namun, apakah keberadaan mitos yang dipercayai ini telah terbukti secara ilmiah? Pakar dari rumah sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta, dr Herwanto menjelaskan bahwa sariawan bukanlah penyakit yang menular. Hanya saja, berbagi alat makan dengan orang lain tentu bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

"Stomatitis Aftosa (sariawan) itu tidak akan menular, tapi di dalam rongga mulut kita tidak terbatas hanya masalah sariawan saja," kata dr Herwanto dalam 
acara bertajuk 'Kenali Sariawan pada Bayi dan Anak', Kamis (15/10), seperti dilansir Antaranews.

Herwanto menjelaskan mulut merupakan tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Sehingga menggunakan alat makan bersama-sama saja memindahkan kuman dari mulut ke mulut.

"Makan dengan alat makan yang sama dengan orang lain tidak akan menghadirkan sariawan tapi justru kuman dan penyakit lain yang tidka kelihatan gejalanya," ujarnya.

"Banyak penyakit yang bisa ditularkan lewat mulut, karena mulut banyak sekali kumannya. Menggunakan alat makan sendiri jauh lebih higienis, sariawannya tidak menular tapi bisa diare misalnya," lanjut dr Herwanto.

Sariawan biasanya terjadi di bagian mulut depan, akan tetapi dapat juga muncul di rongga mulut dalam. Penyebabnya beragam seperti tergigit atau terbentur, penggunaan alat gigi (sikat dan kawat gigi), makanan asam, alergi hingga sistem imun menurun. (LEAS/MG)

Sumber: https://merahputih.com/post/read/sariawan-bisa-menular-ini-faktanya  


#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): sariawan,penyakit sariawan,penyebab sariawan obat sariawan,mitos tentang sariawan,sariawan menular,fakta-fakta sariawan,apakah sariawan menular,mitos sariawan menular,kesehatan,info kesehatan,mitos kesehatan,kamibijak,kami bijak