KabarBijak

Angkie Yudistia Wujudkan Disabilitas Siap Kerja Melalui Pusat Pelatihan Vokasi Disabilitas

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden bidang Sosial, luncurkan program Pusat Pelatihan Vokasi Disabilitas pertama di Indonesia

1,485  views

Kamibijak.com, Infosiana – Staf Khusus Presiden bidang Sosial, Angkie Yudistia, membuka Pusat Pelatihan Vokasi Disabilitas pertama di Indonesia bertempat di Sekolah PKBM Alfa Omega, Tangerang, Banten, pada Jumat, (17/2/2023).

“Pusat Pelatihan Disabilitas adalah untuk teman-teman penyandang disabilitas yang butuh kerja. Jangan khawatir, kita persiapkan sertifikasinya agar teman-teman disabilitas bisa segera dapat kerja,” jelas Angkie saat diwawancarai tim KamiBijak.

Melalui sambutan peresmian program Pusat Pelatihan Vokasi Disabilitas, Angkie mengungkapkan bahwa Indonesia membutuhkan perpanjangan tangan untuk memajukan pendidikan. 

Pemilihan tempat Pusat Pelatihan Vokasi Disabilitas di Tangerang sendiri merupakan bentuk dari jemput bola. Dengan jemput bola, para disabilitas yang aksesnya sulit akan di datangi.

“Kita bisa bikin di Jakarta yang gedung-gedung tinggi banyak banget, tapi ini adalah bukti kami untuk jemput bola, mengakomodir [mengakomodasi] teman-teman disabilitas di beberapa daerah,” ungkap Angkie. 

Angkie juga mengungkapkan, untuk disabilitas, akan diberikan kesempatan bantuan khusus berupa subsidi silang bagi yang tidak mampu. 

Gambaran singkat mengenai kurikulum yang akan ditempuh para disabilitas terdapat di Showcase Kurikulum. Lisa Sanusi selaku Founder sekolah Alfa Omega, menuturkan program ini akan membuka tes masuk dengan cara mengenal bakat, seperti apa saja yang teman disabilitas bisa lakukan dan belum bisa dilakukan. 

Ia juga menambahkan, para disabilitas selalu mendapatkan pelatihan, tetapi tidak ada kelanjutan. Pusat Pelatihan Vokasi Disabilitas yang diinisasi olehnya bersama Angkie akan berbeda dari yang sudah ada. Di sini, akan mempersiapkan kompetensi dilihat dari kemampuan para disabilitas.

Terdapat beberapa kelas yang dipersiapkan oleh pusat pelatihan, seperti hospitality dan bread & pastry yang lebih modern. Bahkan, sudah mulai membuka kelas fashion designer.

“Untuk pelatihan di tempat ini dilakukan selama dua bulan dan satu bulannya adalah program magang. Jadi kami mau, untuk anak-anak atau teman disabilitas yang sudah siap usia produktif untuk langsung bekerja di dalam industrinya,” ujar Lisa saat diwawancarai tim KamiBijak.

Nantinya, Pusat Pelatihan Vokasi akan berkembang luas di berbagai daerah Indonesia. “Tidak hanya sekarang di Tangerang, tapi kita akan ke berbagai provinsi. Ada di Jawa Barat, ada di Sumatera Utara, ada di Jawa Tengah, di Jogja, Jawa Timur, dan lain-lainnya,” ucap Angkie. 

Di satu sisi, Ivan Gunawan selaku Founder Yayasan Dunia Mega Bintang hadir bersama dengan Miss Grand International, Isabella Menin dan Miss Grand Indonesia, Andina Julie untuk menunjukkan dukungannya.

“Semoga tempat ini bisa melahirkan dan menghasilkan SDM-SDM yang berkualitas dan bisa langsung bekerja,” ungkap Ivan saat diwawancarai tim KamiBijak.  (MG/Galuh)

Sumber: Liputan KamiBijak

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.