KabarBijak

Analisis Visi-Misi Capres dan Cawapres 2024 Mengenai Isu Disabilitas

Membedah pandangan Capres-Cawapres 2024 terhadap isu disabilitas.

1,178  views

KamiBijak.com, Infosiana – Dalam ranah diskursus Pilpres saat ini, sorotan terhadap isu disabilitas tampaknya belum memperoleh pemikiran mendalam yang sesuai. Disabilitas masih menjadi narasi yang kurang terpusat dan lebih terpinggirkan, diatasi oleh isu-isu utama seperti kemiskinan, ekonomi makro, ekologi, hukum, dan demokrasi. 

Isu disabilitas, kendati memiliki keterkaitan global dengan dimensi yang belum sepenuhnya menjadi fokus perbincangan dalam politik Capres dan Cawapres. Akan tetapi, visi-misi Capres dan Cawapres menunjukkan adanya keseriusan dan komitmen terhadap isu ini, mencerminkan tanggung jawab sosial dan niat positif untuk menciptakan dampak nyata bagi disabilitas.

Pasangan Anies-Muhaimin secara jelas menyuarakan tekad mereka untuk memberikan perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan hak bagi teman disabilitas. Fokus mereka termasuk dalam menciptakan pendidikan yang tepat sasaran untuk teman disabilitas, membangun infrastruktur dan layanan publik yang mendukung aksesibilitas disabilitas, serta memberdayakan ekonomi kelompok ini. 

Prabowo-Gibran juga menggarisbawahi perlunya percepatan regulasi terkait disabilitas, perlindungan hak-hak disabilitas, sosialisasi yang mengubah paradigma masyarakat, dan pembangunan infrastruktur publik yang mendukung teman disabilitas. 

Ganjar-Mahfud mempersembahkan program Dana Abadi untuk Kesejahteraan Sosial dan Disabilitas Maju dan Produktif, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan teman disabilitas.

Dari perspektif sosiologis, isu-isu kebijakan publik dan proses politik menjadi instrumen esensial dalam membentuk kondisi disabilitas di tingkat nasional. Oleh karena itu, isu ini seharusnya mendapatkan perhatian lebih serius dalam persiapan Pemilu 2024. Meskipun narasi disabilitas sudah tersaji dalam visi-misi Capres dan Cawapres, harapannya adalah agar implementasinya menjadi nyata dan bermanfaat secara konkret bagi disabilitas di berbagai wilayah Indonesia.(Rafly/MG)

Sumber: kompas.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.