BijakFun

Alif Mahardika Pemuda Asal Depok Berhasil Menciptakan Aplikasi PetaNetra

Alif Mahardika bersama keenam rekannya menciptkan aplikasi PetaNetra untuk penuntun jalan bagi tunanetra.

1577   views

Kamibijak.com, Hiburan - Alif Mahardhika, adalah seorang mahasiswa Apple Developer Academy yang menciptakan inovasi aplikasi PetaNetra sebagai tugas akhirnya. PetaNetra sendiri adalah aplikasi penuntun jalan bagi tunanetra.

Adapun aplikasi ini dikembangkan bersama keenam rekannya, Felicia Stevanie U, Graciela Gabrielle A, Jessi Febria, Rony Fhebrian, Roshani Ayu P dan Yafonia K. M. N Hutabarat.

Terciptanya aplikasi ini karena terinspirasi dari salah satu anggota tim pengembangan aplikasi, yaitu Graciela yang di mana kedua orangtuanya mengalami kehilangan penglihatan saat usia muda.

Alif melihat navigasi merupakan salah satu kendala terbesar saat berpergian dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus, kereta api cepat, dan taksi. Maka dengan permasalahan tersebut, PetaNetra hadir sebagai aplikasi yang memanfaatkan fitur accessibility dan AR yang terdapat di iPhone.

Tidak hanya menggunakan fitur accessibility dan AR saja, Alif juga menambahkan fitur maps editor pada aplikasi PetaNetra untuk membantu penggunanya agar semakin mudah.

Saat aplikasi PetaNetra terbuka, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan mendeteksi lokasi dan apa saja yang ada di sekitar pengguna. Dan navigasi tersebut juga akan muncul, pengguna cukup mengarahkan ponsel dan aplikasi akan membacakan semua petunjuk. 

“Kalau mengikuti guiding block tidak diberitahu secara spesifik ini titik apa, arah ke mana. Nah aplikasi ini membacakan, misalnya hati-hati di depan Anda ada tangga, ngetap kartu atau ada pemeriksaan petugas. Semua informasi ini disampaikan melalui suara,” imbuhnya.
Walaupun Alif sudah dinyatakan lulus dengan tugas akhir pembuatan aplikasi ini, tetapi ia tidak mau berhenti di situ saja. Alif mengatakan jika ia ingin terus mengembangkan aplikasi ini untuk membantu tunanetra. (GLOR/MG)

Sumber :   https://www.ussfeed.com/bikin-aplikasi-petanetra-sebagai-penuntun-tuna-netra-anak-depok-dipuji-apple/?utm_campaign=later-linkinbio-ussfeeds&utm_content=later-23394274&utm_medium=social&utm_source=linkin.bio# 

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di
sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.