KabarBijak

Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Berdasarkan Hasil Polling KamiBijak

Apakah ABD itu penting bagi disabilitas rungu? Apakah mereka tidak menyukai menggunakan fasilitas umum yang bercampur dengan non-disabilitas?

534  views

KamiBijak.com, Infosiana - Di tempat umum, tentu teman-teman Disabilitas memiliki pengalaman yang berbeda-beda, terutama mengenai aksesibilitas, ada yang lebih memilih tidak menggunakan fasilitas umum yang bercampur dengan non-disabilitas, bahkan ada juga yang merasa nyaman-nyaman saja.

Menggunakan fasilitas umum seperti transportasi umum hingga sekolah yang bercampur dengan anak anak non-disabilitas. KamiBijak telah melakukan survei polling pada akun Instagram @kamibijakid dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana aksesibilitas teman-teman Disabilitas.

Berikut 3 survei polling yang disebar pada akun Instagram @kamibijakid :

“Apakah teman Tuli memakai ABD (Alat Bantu Dengar)?”

Dengan total 123 responden pada polling pertama, 63% responden memakai ABD sedangkan 37% lainnya tidak memakai ABD.

“Disabilitas Daksa lebih nyaman menggunakan transportasi apa?”

Dengan total 124 responden pada polling kedua, 51 responden merasa lebih nyaman menggunakan trasnportasi pribadi, 18 responden lebih nyaman menggunakan KRL, 33 responden memilih MRT dan 22 sisanya memilih Transjakarta.

“Disabilitas Daksa lebih memilih sekolah umum atau SLB (Sekolah Luar Biasa)?”

Dengan total 169 responden pada polling ketiga, 63% responden lebih memilih SLB sedangkan 37% lainnya memilih sekolah umum.

Berdasarkan pengalaman teman-teman disabilitas yang menjadi responden pada survei polling ini, beberapa di antara mereka ada yang merasa Alat Bantu Dengar kurang penting sehingga memilih untuk tidak memakai ABD.

Meskipun mayoritas responden lebih nyaman menggunakan trasnportasi pribadi, ternyata banyak juga yang merasa nyaman menggunakan transportasi umum seperti KRL, MRT dan Transjakarta. Dan juga mayoritas responden lebih memilih sekolah di Sekolah Luar Biasa dibandingkan sekolah umum. (LUTHER/MG).

Sumber : Polling di Instagram @kamibijakid 

#KabarBijak

#KamiBijakChannel

#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook  

TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.