KabarBijak

AIHSP Buat Program One Health Untuk Risiko Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas

Penyandang disabilitas memiliki hak sama, termasuk akses komunikasi.

4,180  views

KamiBijak.com, Infosiana - Penyandang disabilitas merupakan kelompok masyarakat yang rentan terhadap virus corona Covid-19. Namun, mengingat kebutuhan khusus mereka yang beragam, mereka sering kesulitan mendapatkan akses informasi yang inklusif dan ramah. 

Penyandang disabilitas memiliki kebutuhan besar untuk memahami komunikasi risiko, terutama dengan pandemi virus corona saat ini. Penyandang disabilitas perlu membekali diri dengan informasi dan data yang tepat untuk memprediksi penyebaran virus corona Covid-19.

Ferry Anggoro, Koordinator Provinsi Program The Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) Yogyakarta menjelaskan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak sama, termasuk akses komunikasi. 

Oleh karena itu, penting untuk mensosialisasikan komunikasi risiko terkait kesehatan kepada kelompok penyandang disabilitas yang membutuhkan pendekatan khusus agar mereka memahami risiko dan mengantisipasi langkah-langkah yang harus diambil. 

Program ini bertujuan untuk memperkuat komunikasi publik dan komunikasi risiko bagi penyandang disabilitas untuk memastikan bahwa informasi tentang vaksin dan COVID-19 lebih mudah didapat dan  diakses. 

Citra Indah Lestari, spesialis komunikasi risiko untuk program AIHSP, mengatakan komunikasi risiko adalah tindakan yang harus dilakukan terus menerus, tidak peduli seberapa kecil atau besar bahayanya bagi kesehatan.

“Komunikasi risiko seringkali dilakukan saat krisis terjadi, padahal sebelum krisis dapat diantisipasi dengan kegiatan promosi kesehatan yang juga menjadi bagian dari komunikasi risiko itu sendiri. 

Jika terjadi kepanikan di masyarakat, komunikasi risiko dapat dilakukan dengan cara pengendalian keresahan publik, advokasi untuk pencegahan (siaga darurat) dan komunikasi krisis,” kata Citra Indah Lestari dalam acara Sesi Berbagi Pengetahuan Komunikasi Risiko bagi Komunitas Penyandang Disabilitas pada Selasa (22/3/22).

Selain itu, Pembajun Setyteringastutie, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DI Yogyakarta, mengatakan Dinas Kesehatan DIY siap memberikan layanan vaksinasi booster bagi penyandang disabilitas. 

Ia merasa bahwa kemitraan khusus dengan AIHSP ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya komunikasi risiko dalam memungkinkan kelompok-kelompok penyandang disabilitas memperoleh informasi yang lebih jelas dan terhindari dari hoax. (Michelle/MG)

Sumber: Suara.com

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.