BijakFun

Ahmad Zulkarnain, Fotografer Difabel dengan Karya Luar Biasa

Meskipun terlahir difabel, Ahmad Zulkarnain mampu menghasilkan karya foto luar biasa bahkan mendunia.

639   views

KamiBijak.com, Hiburan. Kata siapa penyandang disabilitas tidak bisa menghasilkan karya luar biasa yang mendunia? Nyatanya ada fotografer asal Indonesia yang menghasilkan foto-foto ciamik kelas dunia.

Fotografer difabel asal Indonesia ini bernama Ahmad Zulkarnain, pemilik akun instagram @bangdzol__. Akun tersebut berisi konten kumpulan foto-foto dengan jumlah ribuan like.

Ahmad Zulkarnain atau biasa dipanggil Bang Zoel merupakan penyandang disabilitas yang tidak memiliki tangan dan kaki lengkap sejak lahir sekitar 27 tahun silam. Meskipun difabel, fotografer asal Banyuwangi ini dikenal karena karya fotonya yang pernah disorot dan dimuat di media internasional.

Sejak kecil, Bang Zoel hampir ditinggalkan oleh ibunya meskipun begitu dia tidak pernah menyimpan dendam kepada ibunya. "Saya lahir sudah seperti ini (difabel). Waktu bayi, bahkan orangtua saya tidak terima, saya dimasukkan ke kantong plastik karena akan dibuang. Beruntung ada saudara yang mau merawat, tapi nggak lama diambil lagi sama ibu," ucapnya saat ditemui Suara.com di sela kunjungannya ke Jakarta.

Sebelum berprofesi menjadi seorang fotografer, Bang Zoel merupakan seorang penjaga warnet yang sering melakukan pekerjaan sampingan yang diberikan bos untuk mem-foto pas foto pelanggan. Meskipun dia memiliki keterbatasan pada fisiknya, dia mencoba mengoperasikan kamera.

"Jadi fotografer KTP. Sejak saat itu saya tertarik dengan kamera dan ingin punya sendiri. Kalau mengandalkan gaji saat itu sulit terbeli rasanya," sambung dia.

Karena keinginannya untuk membeli kamera pribadi, pria yang pernah menimba ilmu hukum di Universitas 17 Agustus 1945 ini akhirnya pindah kerja dan memutiskan untuk bekerja di kantor advokat. Dari sanalah dia berani untuk mencicil kamera.

"Saya memberanikan diri mencicil kamera Canon 1100D. Dari harga Rp 5,5 juta menjadi Rp 7,5 juta karena dicicil. Dengan kamera itu saya belajar mengulik kamera. Saya beradaptasi sekitar 5 bulan. Saya operasikan pakai mulut, hidung, dan ujung tangan untuk memutar lensa, mengganti baterai, menopang body kamera, hingga mengganti memori card," ujarnya panjang lebar.

Dengan kamera yang dimilikinya, Bang Zoel bercita-cita bisa berkeliling dunia untuk mengabadikan keindahan dunia. Impiannya perlahan terwujud dan hasil karya fotonya disorot oleh media internasional.

"Tahun 2017, media internasional Al Jazeera menceritakan kisah kehidupan saya. Al Jazeera mengunggah video berdurasi 4,10 menit di akun Twitternya, @AJEnglish. CNN juga," jelasnya.

Sejak hasil karyanya dipublikasikan media internasional, dia mulai terkenal, bahkan fotografer ternama Indonesia, Darwis Triadi ikut mengajaknya hunting bersama. Sejak saat itu, kesempatan Bang Zoel terbuka untuk memamerkan hasil karya ke beberapa negara seperti Turki dan Brazil.

Atas kesuksessannya sebagai fotografer profesional, Bang Zoel mengungkapkan bahwa keterbatasan bukanlah sebuah batasan untuk melakukan apapun yang dicita-citakan, sehingga apapun impian yang diimpi-impikan akan ada banyak cara untuk mewujudkannya.

Sumber:

https://www.suara.com/lifestyle/2020/01/13/080417/ahmad-zulkarnain-fotografer-difabel-dengan-karya-mendunia

----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.


Link Gambar:

Gambar 1:

https://media.suara.com/pictures/653x366/2020/01/13/12397-ahmad-zulkarnain-fotografer-difabel.jpg

Sumber: Suara.com


Gambar 2:

https://media.suara.com/pictures/original/2020/01/13/28095-ahmad-zulkarnain-fotografer-difabel.jpg

Sumber: Suara.com


Gambar 3:

https://media.suara.com/pictures/original/2020/01/13/91958-ahmad-zulkarnain-fotografer-difabel.jpg

Sumber: Suara.com


Tag: fotografer difabel,ahmad zulkarnain,difabel fotografer,difabel,fotografer,disabilitas,penyandang disabilitas,kamibijak,infosiana