BijakFun

Tips Menjalani Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

Beberapa tips menjalani puasa di tengah pandemi covid-19 agar tetap sehat dan produktif

183   views

Kamibijak.com, Hiburan - Pandemi di tengah bulan puasa ini merupakan tantangan bagi semua orang. Tidak hanya menahan rasa lapar saja, tetapi kalian harus mengutamakan untuk selalu bisa menjaga kesehatan agar tidak tertular virus Corona.

Agar teman-teman bisa sehat dan tetap produktif selama menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 ini, berikut beberapa tipsnya;

1.Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan
Berbuka dengan makanan yang banyak akan karbohidrat sebagai sumber energi, protein untuk menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan. Dan juga tetap minum air putih agar tubuhmu tidak kekurangan cairan. 

2.Tetap aktif dan rutin berolahraga
Meskipun sedang berpuasa, kalian harus tetap aktif bergerak dan berolahraga secara rutin. Setidaknya 3-5 kali seminggu dengan durasi 15-30 menit. Dan pilihlah olahraga yang ringan, seperti sit-up, yoga, angkat beban ringan di rumah.

3.Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup, karena kalau kalian kurang tidur, kalian bisa lebih mudah terinfeksi kuman penyakit, termasuk juga virus Corona. Maka dari itu, usahakan untuk tidur dan beristirahat yang cukup.

4.Jalani ibadah di rumah
Untuk memutus rantai penularan Covid-19, kalian dianjurkan untuk tetap menerapkan physical distancing saat di masjid. Tapi untuk meminimalisir resiko yang ada, kalian dianjurkan untuk tetap menjalani ibadah di rumah.

5.Silaturahmi dengan cara lain
Di tengah pandemi ini, sebaiknya kalian memanfaatkan gadget kalian dulu untuk memanfaatkan fitur-fitur yang ada, seperti call atau video call dengan saudara-saudara sebagai bentuk Silaturahmi secara virtual.

6.Tetap lakukan vaksinasi
Meskipun sedang puasa, vaksin Covid-19 tetap harus dilakukan, dengan tujuan untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Jika kalian ragu bahwa pemberian vaksin dapat membatalkan puasa, kalian bisa melakukannya saat malam hari, atau setelah berbuka puasa.

7.Urungkan niat untuk mudik
Mengurungkan niat untuk mudik merupakan perbuatan baik karena melindungi sekitarmu dari risiko terinfeksi virus Corona. Tidak hanya itu, kalian juga jadi bisa berhemat karena tidak ada pengeluaran untuk pulang kampung. Jadi uangnya bisa kalian sisihkan untuk bersedekah ataupun untuk pulang kampung di lain kesempatan setelah pandemi Covid-19 ini berakhir.

Jadi berikut tips-tips yang kalian dapat lakukan selama bulan Ramadan, tidak hanya bisa melakukan ibadah dengan lancar, kalian juga bisa menjaga kesehatan agar terhindar dari virus Corona. (FEB/MG) 

Sumber: https://www.alodokter.com/sambut-ramadan-di-tengah-pandemi-covid-19-dengan-tips-sehat-dan-produktif-ini
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): puasa,tips puasa,tips menjalani puasa,tips menjalankan puasa,tips ibadah puasa,pandemi covid 19,covid 19,virus corona,corona,puasa di tengah pandemi,tips puasa di tengah pandemi,disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kami bijak