BijakFlash

8 Ide Usaha Menguntungkan untuk Disabilitas

Beberapa ide usaha ini dapat menjadi peluang pekerjaan bagi disabilitas.

81  views

KamiBijak.com, Flash – Kaum disabilitas seperti Tuli, daksa, netra, dan laras berhak memiliki pekerjaan dan mengembangkan karier mereka. Namun, pada kenyataannya masih jarang yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk disabilitas. Membuat para disabilitas harus memiliki skill atau kemampuan yang dapat menjadi tempat mencari nafkah.

Ada berbagai jenis usaha untuk disabilitas selain bekerja di perusahaan. Berikut beberapa ide usaha ini dapat menjadi peluang pekerjaan bagi disabilitas yang menguntungkan.

  1. Bisnis dropship/reseller

Usaha dropship/reseller tentu sudah tidak asing saat ini, yaitu jual beli atau lebih tepatnya berdagang secara online dan offline. Reseller bisa diartikan sebagai stok barang harus sudah tersedia untuk kemudian dijual kepada konsumen melalui online. Sementara dropsiper tidak perlu ada stok barang. 

  1. Bekerja sebagai freelancer

Jika para disabilitas memiliki suatu keahlian tertentu, menjadi freelancer dapat jadi pilihan usaha. Keadaan freelancer yang independen dan fleksibel untuk bekerja sendiri, dapat menjadi alternatif terbaik bagi para disabilitas.

  1. Bisnis kerajinan handmade

Para disabilitas dapat membangun usaha kerajinan tangan seperti kerajinan keset, kain perca, anyaman, manik-manik, aksesoris dan lain sebagainya dengan modal sederhana bahkan dapat menggunakan bahan-bahan daur ulang. Jika berhasil, kerajinan tangan ini dapat diekspor ke beberapa negara.

  1. Operator telepon perusahaan 

Sebagai operator telepon memang dibutuhkan keahlian khusus. Diperlukan juga pengalaman, kecakapan yang tinggi dalam hal komunikasi, dan kemampuan berbahasa asing. Bagi disabilitas yang memiliki keahlian dalam ranah komunikasi, menjadi operator telepon dapat menjadi solusi pekerjaan.

  1. Menjadi atlet disabilitas

Pada ASEAN Para Games yang diselenggarakan Juli 2022 lalu, membuktikan bahwa menjadi atlet dapat menjadi peluang pekerjaan bagi disabilitas. Meskipun tidak selalu ada acara pertandingan, tetapi hasil kejuaraan yang didapat bisa menjadi modal usaha lain yang menjanjikan.

  1. Jasa tukang jahit

Meskipun bukan jenis usaha baru, kebutuhan akan jasa jahit tidak akan pernah hilang. Para disabilitas dapat memproduksi berbagi jenis pakaian dan keterampilan yang dimiliki.

  1. Menjadi Fotografer Photo Studio

Memiliki keahlian fotografi dapat menjadi suatu peluang usaha untuk para disabilitas. Dengan keahlian tersebut dapat dikembangkan ke dalam bidang lain yaitu editing foto dan membuka foto studio sendiri. 

  1. Menjadi YouTuber dan Blogger

Saat ini seorang content creator baik itu YouTuber atau blogger, sudah bisa menghasilkan rupiah dari karya yang dibuat. Para disabilitas dapat membuat video atau tulisan yang bermanfaat untuk disebarluaskan. (MG/Nadia)

Source: Ukmsumut.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.