BijakFlash

5 Bisnis Waralaba yang Menghasilkan, Selain Bisnis Kuliner

Sistem bisnis waralaba yang mendatangkan cuan, selain makanan.

634  views

Kamibijak.com, Flash – Banyak cara atau skema bisa dilakukan untuk usaha atau bisnis, salah satunya melalui skema bisnis waralaba atau populer dikenal dengan istilah bisnis franchise, bisnis waralaba (franchise) kini menjadi skema usaha yang populer di Indonesia. 

Secara umum dan mendetail, bisnis waralaba adalah bentuk kerja sama usaha antara pemilik merk dagang, produk, atau sistem operasional. Kerja sama ini didelegasikan kepada pihak kedua yang berhak mendapatkan izin untuk pemakaian merek, produk, serta sistem operasional tersebut dalam menjalankan sebuah usaha. Di dalam model bisnisnya, bisnis franchise memiliki dua buah elemen tetap, yaitu : 

  • Franchisor (pemilik bisnis atau pemberi izin bisnis waralaba)
  • Franchisee (pembeli izin bisnis waralaba)

Sebagai pemilik bisnis franchise, franchisor memiliki peran untuk memberikan izin dan hak penjualan terhadap bisnis yang dimilikinya, meliputi merk dagang, produk, serta sistem operasional yang telah dibentuk. Sedangkan franchisee merupakan seseorang atau sebuah badan yang menerima hak penjualan dari pemilik bisnis waralaba setelah mendapatkan persetujuan demi meningkatkan keuntungan dari bisnis tersebut.

Menjalankan bisnis franchise dalam negeri menawarkan pengetahuan serta pengalaman baik bagi pemula dalam menentukan strategi bisnis yang optimal untuk pengembangan diri sebagai pengusaha di masa depan.

Berikut 5 bisnis waralaba cuan selain makanan : 

1. Jasa Pengiriman/Ekspedisi

Seiring berkembangnya zaman serta pergeseran pola konsumsi dari konvensional ke arah digital, banyak orang lebih memilih untuk berbelanja secara online. Hal ini tidak hanya memberikan peluang besar bagi para pebisnis untuk melebarkan bisnisnya, namun juga pihak jasa pengiriman yang diuntungkan dari situasi ini.

Dengan adanya peningkatan kebutuhan pengiriman barang dan paket, Anda dapat memanfaatkan permintaan yang tinggi ini untuk menghasilkan pendapatan stabil dengan memulai usaha ekspedisi. 

Pilihlah jasa ekspedisi yang sudah terpercaya dan mampu memberikan dukungan dalam menjalankan operasi harian. Anda bisa membandingkan ekspedisi satu dengan yang lainnya sebelum mantap memilih satu franchise jasa ekspedisi.

Saat ini juga sudah ada banyak jenis jasa pengiriman yang bisa kamu pilih untuk dibeli waralabanya, seperti JNE, JNT, hingga Lion Parcel.

2. Franchise Laundry 

Bisnis yang selalu diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan gaya hidup yang sibuk, banyak orang mencari jasa laundry yang terpercaya dan dapat diandalkan. Dengan membuka usaha laundry di lokasi yang strategis seperti daerah perkantoran dan daerah mahasiswa, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lumayan bahkan berpotensi untuk dijadikan pemasukan tetap.

Tidak perlu khawatir dalam menjalankan usaha laundry karena franchise laundry menawarkan kemudahan dalam memulai usaha, termasuk penyediaan alat dan barang, pelatihan, sampai dengan pemasaran. Keuntungan lainnya yakni memungkinkan Anda untuk bekerjasama dengan hotel, restoran, dan lain sebagainya yang mampu menambah pendapatan Anda.

3.  Franchise Toko Baju / Fesyen

Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer yang perlu dipenuhi setiap manusia. Membuka usaha toko baju bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan buat Anda. Hal ini dikarenakan target konsumen yang ada cukup luas atau dari berbagai kalangan.

Selain itu, tren fashion terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu yang membuatnya tidak akan pernah sepi selama pakaian yang Anda jual cukup trendy.

Bagi anda yang tertarik untuk membuka toko pakaian namun tidak ingin repot-repot memulai segala sesuatunya dari nol, Anda bisa memilih franchise yang sudah memiliki nama dan dikenal baik oleh masyarakat luas. Dengan begitu akan lebih mudah buat Anda untuk menarik minat konsumen dan mencapai penjualan tinggi.

Kelebihan lainnya dari franchise toko baju yakni adanya dukungan dalam hal desain produk, manajemen stok, dan strategi pemasaran yang sudah teruji keberhasilannya.

4. Minimarket

Punya modal besar dan berminat untuk memiliki minimarket? Usaha franchise non makanan berupa usaha minimarket bisa jadi pilihan yang tepat buat Anda! Pasalnya, keuntungan yang diperoleh tak perlu diragukan lagi, terlebih jika Anda memilih lokasi yang tepat dan sesuai.

Pergerakan bisnis minimarket terus tumbuh pesat dari masa ke masa, dan ini menjadi peluang yang menarik bagi para pengusaha. Kelebihan franchise minimarket terletak pada kepercayaan dari masyarakat terhadap merek yang sudah dikenal dan reputasi yang sudah terbangun.

Selain itu, minimarket juga menyediakan berbagai produk sehari-hari yang dibutuhkan oleh konsumen, sehingga memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar yang luas dan mendapatkan keuntungan yang konsisten.

5. Franchise Pet Shop

Usaha petshop kini semakin populer dan banyak dilirik oleh para pebisnis. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha petshop namun kebingungan untuk memulainya dari mana serta mengurus manajemen yang ada, Anda bisa bergabung ke usaha franchise petshop.

Dengan bergabung ke dalam franchise memungkinkan Anda untuk memenuhi usaha Anda berjalan dengan lancar, mulai dari menjual makanan hewan, peralatan, mainan, dan layanan grooming.

Itulah beberapa rekomendasi mengenai ide bisnis waralaba selain makanan yang menghasilkan, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk teman-teman yang ingin melakukan bisnis waralaba. (Rafly/MG)

Sumber: merahputih.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.