BijakFlash

3 Program Diet Selama Bulan Puasa yang Sehat

Berikut tiga hal yang penting dalam berdiet di bulan Ramadan!

2,693  views

Kamibijak.com, FLASH – Bulan Ramadan tidak hanya menjadi kesempatan untuk beribadah, tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang menjalankan program diet. Berpuasa dapat membantu menjaga pola diet dengan mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh atau defisit kalori. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, mengurangi 500 kalori pada asupan harian dapat membantu menurunkan berat badan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar program diet selama bulan puasa tetap sehat dan aman. 

  1. Jaga Pola Makan

Tetap jaga pola makan saat berbuka puasa dengan mengonsumsi takjil yang sehat dan hindari makanan tinggi karbohidrat. 

      2. Olahraga

Kedua, olahraga di sore hari menjelang buka puasa dengan rutin berolahraga selama 30 menit dua kali seminggu dan tetap melindungi diri dari paparan sinar matahari secara berlebihan. 

     3. Sahur Secukupnya

Sahur dengan porsi yang secukupnya dan memilih menu yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein sehat seperti telur dan susu rendah lemak, nasi merah, dan gandum utuh.

Namun, perlu diingat bahwa metabolisme tubuh melambat saat berpuasa, sehingga tingkat energi menurun. Beberapa orang mungkin merasa lapar dan makan secara berlebihan saat berbuka puasa, padahal tubuh membutuhkan pemanasan setelah seharian berpuasa tanpa makan dan minum.

Oleh karena itu, tetap jaga pola makan dan porsi makanan serta hindari makanan yang tinggi karbohidrat agar program diet selama bulan puasa tetap sehat dan aman. Selain itu, tetap aktif dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi takjil sehat untuk menjaga energi tubuh dan menjaga kesehatan (MG/Disha)

Sumber: merahputih.com

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.