BijakFun

Yuk Simak Sejarah Paralimpiade, Kompetisi Olahraga Khusus Penyandang Disabilitas

Inilah paralimpiade kompetisi olahraga bergengsi khusus atlet penyandang disabilitas.

2958   views

KamiBijak.com, Hiburan – Sejak pertama kali diadakan paralimpiade di tahun 1969 di Roma, paralimpiade berhasil menampilkan 400 atlet dari 23 negara. Sama seperti olimpiade, paralimpiade juga merupakan kompetisi olahraga terbesar yang resmi diadakan setiap empat tahun sekali. Yang berbeda, paralimpiade digelar khusus untuk atlet penyandang disabilitas. 

Sejak diadakannya Olimpiade Tokyo pada 23 Juli 2021 lalu, gelaran olahraga dunia ini juga turut diikuti dengan paralimpiade yang dimulai pada musim panas 24 Agustus 2021 sampai 5 September 2021 setelah diundur karena pandemi Covid-19.

Diadakannya kompetisi olahraga pertama untuk atlet penyandang disabilitas pertama di tahun 1948 yaitu Mandevile Games yang kemudian pada tahun 1960 Roma resmi menjadi tuan rumah saat digelarnya Paralimpiade atau paralimpik.

Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPC) sudah berdiri sejak 1962 sebagai Yayasan Pembina Olahraga Cacat (YPOC). Lalu pada 1993 berubah nama menjadi Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC). Kemudian nama ini berubah menjadi namanya saat ini pada 26 Juli 2010.

Menurut ketua NPC Senny Marbun, Indonesia telah mendapatkan 15 atlet yang sudah memegang tiket untuk bertanding dalam Paralimpiade Tokyo tahun ini. Di antaranya adalah cabor atletik, renang, balap sepeda, menembak, badminton, dan angkat berat. (GLOR/MG)

Sumber : https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4618615/menilik-sejarah-paralympic-games-olimpiade-khusus-bagi-penyandang-disabilitas 

https://www.antaranews.com/berita/2107854/15-atlet-npc-indonesia-genggam-tiket-paralimpiade-tokyo 

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat

=========================================
Tag: paralimpiade,sejarah paralimpiade,kompetisi paralimpiade,cnn indonesia,vice indonesia,paralympic games,paralympic history,disabilitas,teman disabilitas,penyandang disabilitas,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com