BijakFun

Yuk Simak 7 Tips Agar UMKM Tetap Produktif di Masa Pandemi COVID-19

Saat ini kita masih berada di tengah pandemi COVID-19. Jangan khawatir! Berikut ada tujuh tips kunci sukses agar UMKM tetap produktif.

3,873  views

Kamibijak.com, Hiburan – Pandemi COVID-19 telah memengaruhi sektor perekonomian kita, tak terkecuali pada usaha mikro kecil menengah (UMKM). Walaupun pendapatan UMKM mengalami penurunan, tetapi para pengusaha harus bertahan melawan pandemi COVID-19.

Nah, berikut ini terdapat tujuh kunci sukses untuk UMKM bertahan di masa pandemi COVID-19.

1. Melakukan Analisis SWOT
Analisis strength, weakness, opportunity, dan threat (SWOT), sangat penting dilakukan terutama pada masa sulit seperti saat ini. Dengan melakukan analisis SWOT, pengusaha UMKM bisa memilih mana yang jadi kekurangan atau kelemahan usaha serta hal apa yang justru menjadi kekuatan dan sumber peluang.

2. Membuat Inovasi Promosi
Inovasi tidak hanya sebatas produk, tapi juga dapat berhubungan dengan promosi serta pemasaran. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan penggunaan teknologi digital, selain melalui offline. Termasuk memaksimalkan pemasaran melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan YouTube.

3. Bergabung Dengan Komunitas
Dengan adanya komunitas wirausahawan, para pelaku UMKM dapat saling berbagi pengetahuan, dan saling menguatkan. Keberadaan komunitas juga bisa bermanfaat untuk membantu dalam memenuhi bahan produksi, serta mempromosikan usaha.

4. Jurnal Online
Dengan membuat jurnal online, semua penagihan dan pembayaran dapat dilakukan dengan praktis tanpa harus bertatap muka. Dokumen penagihan atau pembayaran dari pelanggan bisa dicek langsung lewat banyak jaringan, seperti e-mail atau WhatsApp.

5. Melakukan Perencanaan Anggaran
Pengusaha UMKM berusaha agar pengeluaran usaha tidak lebih besar dibandingkan dengan pemasukan. Tentunya kunci keberhasilan menjalankan strategi ini adalah menyusun anggaran dan biaya kebutuhan usaha dengan tepat guna serta mengurangi biaya yang kurang penting.

6. Monitor Usaha
Memonitor usaha dilakukan pengusaha UMKM dengan bermodal internet dan smartphone. Mereka tak perlu repot ke tempat usaha untuk memonitor pelayanan pelanggan dan mengecek arus transaksi usaha.

7. Cek Persediaan Barang
Melakukan cek persediaan barang secara berkala dengan menggunakan jurnal online menjadi solusi UMKM di tengah pandemi. Pengusaha bisa dengan mudah mengecek ketersediaan barang tanpa harus membuang banyak waktu untuk dihitung secara manual.

Berikut di atas merupakan tujuh poin yang diketahui bahwa teknologi informasi, inovasi, dan kreativitas merupakan benang merah untuk meningkatkan perekonomian para UMKM di masa pandemi COVID-19 (LEAS/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4251031/7-cara-agar-umkm-tetap-produktif-di-tengah-pandemi
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): umkm,usaha mikro kecil dan menengah,umkm di tengah pandemi,tips umkm,tips umkm di tengah pandemi,tips umkm di tengah pandemi covid 19,tips umkm di tengah pandemi virus corona,umkm covid 19,bantuan umkm covid 19,umkm corona,insentif umkm covid,kamibijak,kami bijak