BijakFun

Yuk, Pahami Serba-Serbi Kehamilan bagi Pria dan Wanita

Mari pahami informasi apa saja yang dibutuhkan terkait kehamilan.

116  views

Kamibijak.com, Hiburan – Dalam webinar “Serba-Serbi Kehamilan” yang diadakan oleh Sehatara X Dokter Tanpa Stigma, pada Sabtu 3 September 2022 membahas pentingnya ilmu kehamilan. Hamil merupakan tumbuh perkembangan janin di dalam rahin seorang wanita. Seseorang bisa mengalami kehamilan karena organ reproduksinya yang sudah matang dan tentu adanya pertemuan antara sel sperma dan sel telur.

Adanya beberapa tanda kehamilan seperti telatnya datang bulan, perut keram, keluar bercak darah, dan beberapa tanda lainnya. Namun, untuk mengetahui lebih jelas dan pastinya, dr. Sandra Suryadana mengatakan harus melakukan periksa dengan test pack dan melakukan USG. 

Ketika seorang wanita sedang hamil, tentunya ada 3 perubahan yang terjadi, yaitu, perubahan fisik (perut membesar, pertumbuhan berat badan), psikis (perasaan tidak karuan, emosional naik turun), dan sosial (kesiapan menjadi seorang ibu, dukungan dari pasangan & keluarga). 

Kesehatan psikologis tentunya sangat penting bagi seorang ibu hamil. Asep Amin, selaku psikolog, mengatakan bahwa kesehatan psikologis ibu hamil bisa mencegah stres dan kecemasan. 

“Seorang ibu hamil, tentunya harus menjaga kesehatan psikologisnya. Hal ini bisa berpengaruh untuk mengurangi resiko stres dan kecemasan. Selain itu pula, untuk mengoptimalkan kehamilan dan kelahiran,” ujar Asep.

Selain seorang ibu yang memperhatikan psikologisnya, seorang suami dan keluarga tentunya berperan penting dalam hal ini. Beberapa aktivitas seperti membantu tugas rutin, memberikan rasa nyaman, reaksi dan penerimaan terhadap kehamilan menjadi peran penting juga bagi suami dan keluarga terhadap seorang ibu hamil. 

Menurut Grace Kurniadi, selaku psikolog Tuli, pasca kelahiran seorang ibu hamil, ibu harus memperhatikan beberapa hal penting seperti banyak beristirahat, perlu bersosialisasi, perbanyak quality time bersama suami, olahraga, dan memperhatikan pola makan. Hal ini tentunya berfungsi untuk tetap menjaga psikologis seorang ibu setelah melahirkan. (MG/Alissa)

Sumber : Liputan webinar 3 September 2022

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.