BijakFun

Yuk Kenali Masjid Ulu Cami Bursa, Salah Satu Bangunan Menakjubkan di Turki

Dinobatkan sebagai salah satu masjid terpenting kelima dan menjadi salah satu bangunan menakjubkan di Turki...

791   views

Kamibijak.com, Hiburan. Masjid Ulu Cami Bursa yang ada di Turki layak disebut sebagai salah satu bangunan religi paling menakjubkan. Bagaimana tidak, seperti dilansir dari lamam Tour ke Turki, Masjid ini dinobatkan sebagai salah satu masjid terpenting ke lima dalam agama Islam setelah masjid yang ada di Mekah, Madinah, Yerusalem dan Damaskus.

Nama dari Masjid Ulu Cami memiliki arti agung. Sesuai dengan namanya, Masjid Ulu Cami merupakan masjid besar yang digunakan untuk shalat lima waktu dan terbuka sepanjang hari. Masjid dengan gaya arsitektur Seljuk dan diresmikan di tahun 1399 ini menjadi situs warisan dunia UNESCO di tahun 2014.

Masjid Ulu Cami memiliki 20 kubah yang tersusun dalam empat baris dengan lima kubah di dalamnya. Pembangunan ini merupakan pemenuhan janji Sultan Yildirim Bayezid I yang mengucap jika menang perang Nicopolis akan membangun 20 masjid.

Masjid seluas 2.200 m2 ini ditopang 12 tiang besar yang dibanngun seperti lorong-lorong. Terkesan menghadirkan ruang pribadi bagi jemaat yang hendak menjalankan ibadah. 

Menariknya, bagian interior Masjid dihiasi dengan 192 kaligrafi yang dibuat oleh 41 ahli kaligrafi yang berisikan surat Al Fatihah, Ali Imran: 159, Al Buruj: 20 dan Asy-Syam: 1-7. Kaligrafi yang ada diletakkan di bagian dinding Masjid, tiang-tiang, dan lempengan besar kecil menjadi hal yang penting dalam agama Islam.

Jika kita lihat di bagian menaranya, Masjid yang memiliki dua menara ini memang terlihat identik, namun keduanya tidak dibangun di saat bersamaan. Menara di sebalah barat merupakan menara pertama, sementara yang berada di timur dibangun oleh Sultan Mehmet I di abad 15.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/masjid-ulu-camii-di-bursa-masjid-penting-dalam-sejarah-islam

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.