BijakFun

Webinar Sharing Love with Communication Mengajak Masyarakat Edukasi Bahasa Isyarat

Selain edukasi bahasa isyarat Webinar Sharing Love with Communication juga mengajak masyarakat lakukan penggalangan dana untuk penyandang disabilitas

1,590  views

KamiBijak.com, Hiburan – Menurut data Susenas pada tahun 2018, sekitar 14,2 persen atau 30,38 juta jiwa penduduk Indonesia merupakan penyandang disabilitas, dan sekitar 4 orang dari 1000 penduduk di Indonesia saat ini merupakan penyandang Tuli. 

Meskipun demikian, di masa pandemi COVID-19, informasi terkait kesehatan maupun kebijakan pencegahan penularan COVID-19 lainnya, belum tersedia dalam bahasa isyarat. Ditambah lagi pemantauan Komnas Perempuan mencatat, perempuan Tuli termasuk kelompok yang paling rentan terhadap kekerasan seksual. 

Oleh karena itu, Melalui webinar  “Sign Language 101 : Sharing Love with Communication”, (10/12/21). Yang di mana webinar tersebut mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan edukasi terkait penyandang Tuli dan juga bahasa isyarat karena diharapkan bisa memperlancar komunikasi sebagai teman dengar. Karena setiap orang mempunyai hak yang sama untuk menikmati kehidupan ini tanpa diskriminasi dan stigma. 

“Kami menginginkan sesuatu yang berbeda dan yang jarang diadakan namun bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu kami memilih “Disabilitas” sebagai topik utama, berhubung tanggal 3 desember juga merupakan hari disabilitas internasional,” ungkap Anneliese Valerie.

Online event ini memiliki konsep sebuah webinar yang akan mendatangkan narasumber, Ade Wirawan yang adalah seorang aktivis Tuli Indonesia dan bermukim di Bali, yang memiliki pengetahuan terkait disabilitas khususnya bahasa isyarat.

Pada webinar ini juga panitia menyediakan caption serta dua Juru Bahasa Isyarat, yang membuktikan bahwa webinar tersebut sangat inklusif, terbuka untuk semua kalangan, bahkan untuk memudahkan yang mempunyai keterbatasan.

Ketua dari acara webinar tersebut pun mengungkapkan rasa harunya karena ia melihat banyak respon positif dari seluruh partisipan, Anneliese juga menambahkan bahwa ada salah satu penyandang disabilitas yang selalu bersemangat untuk mengikuti seluruh rangkaian acara. 

Webinar tersebut pun juga membuka penggalangan donasi tanpa mengeluarkan dana tetapi cukup dengan menyelesaikan challenge “Tingkatkan Hubungan Interaksi Disabilitas di Indonesia dengan #KawanDisabiitas bersama Caree Global”, di mana dengan mengupload 7 foto, para partisipan bisa mendonasikan 20.000 kepada para penyandang disabilitas. (GLOR/MG)

Sumber :   Liputan daring Jumat 10 Desember 2021    

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:     
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat