KabarBijak

Vaksin AstraZeneca Yang Diterima Indonesia, Ternyata Ada Efek Sampingnya

Resmi diizinkan di Indonesia, ternyata ada efek sampingnya, mulai dari nyeri otot hingga mual-mual.

3405   views

Kamibijak.com, Infosiana – Izin penggunaan darurat alias emergency use of authorization (UEA) untuk vaksin COVID-19 asal Inggris AstraZeneca telah diterbitkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dan juga pertimbangan manfaat dan risiko, Badan POM telah menerbitkan penggunaan masa darurat (EUA) pada 22 Februari 2021, dengan nomor EUA2158100143A1," kata Penny Lukito Kepala BPOM dalam konferensi pers, Selasa (9/3).

“Vaksin tersebut dikemas dalam dus berisi 10 file, dan volume masing-masing 5 ml. Masing-masing file untuk 10 dosis vaksin”, ujarnya.

"Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dan pertimbangan manfaat dan risikonya, maka BPOM menerbitkan persetujuan emergency use authorization pada tanggal 22 Februari yang lalu," ucap Penny.

Berdasarkan data yang diterima BPOM, vaksin AstraZeneca memiliki efek samping rendah hingga sedang. Efek samping rendah seperti rasa nyeri di lokasi yang disuntik, kemerahan, gatal, dan pembengkakan.

Lalu, efek samping sedang dari vaksin AstraZeneca adalah kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, meriang, mual, demam, dan muntah-muntah.

Tetapi dari hasil evaluasi yang didapatkan, vaksin AstraZeneca dapat merangsang pembentukan antibodi baik populasi dewasa atau lansia.

"Pembentukan antibodi terhadap dewasa usia 18-60 tahun peningkatan antibodi sebanyak 32 kali. Sedangkan lansia di atas 65 tahun 21 kali," ujarnya.

Ia menjelaskan efikasi atau kemanjuran vaksin sebesar 62,1%. Efikasi dihitung 15 hari setelah suntikan kedua hingga pemantauan sekitar dua bulan yang diberikan pada si penerima vaksin.

Vaksin AstraZeneca yang berasal dari negara Inggris ini hadir dengan jumlah sekitar 1,1 juta dosis berbentuk bahan jadi dan mendarat di Indonesia pada Senin 8 Maret 2021 lalu. (FEB/MG)

Sumber: https://merahputih.com/post/read/resmi-diizinkan-di-indonesia-vaksin-astrazeneca-miliki-efek-samping-nyeri-otot-hingga-mual
#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 
 
Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
 
==============
TAG(S): vaksin astrazeneca,vaksin covid 19,astrazeneca,vaksin corona,efek samping,efek samping vaksin covid 19,efek samping vaksin corona,efek samping vaksin astrazeneca,efek samping vaksin,corona,covid 19,kamibijak,kami bijak