BijakFun

Universitas Negeri Yogyakarta Fasilitasi UTBK 2024 yang Aksesibel

Universitas Negeri Yogyakarta memfasilitasi UTBK 2024 yang aksesibel bagi para penyandang disabilitas.

807  views

KamiBijak.com, Hiburan - Sejumlah 4 penyandang disabilitas netra dan 20 penyandang disabilitas daksa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Komputer (SNBT) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), pada Kamis 2 Mei 2024. 

Bambang Saptono, Ketua Admisi UNY mengungkapkan UNY telah menyediakan tempat khusus yang aksesibel bagi peserta disabilitas. Peserta disabilitas netra disediakan di ruang tersendiri dengan pendampingan dari dosen prodi Pendidikan Luar Biasa yang berpengalaman. Sedangkan, peserta disabilitas daksa ditempatkan di lokasi strategis yang mudah diakses, penyediaan kursi roda, dan pendamping khusus. 

Wahyu Ishlakhuddin Ar Mansyah, salah satu peserta Netra, mengaku sangat bersemangat ikut UTBK. Impiannya adalah bisa masuk PTN dan memilih prodi S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY sebagai tujuan kuliahnya.

Peserta netra lainnya, ialah Oktaviola Maya Tantri Ramadani. Dia mempersiapkan diri untuk ikut UTBK dengan belajar giat termasuk mengikuti bimbingan belajar online dan try out. Sama dengan Wahyu, mereka senang dengan akses di UNY yang ramah disabilitas. 

Penanggungjawab Lokasi (PJL) Ruang Laboratorium IDB FE UNY Maimun Sholeh menuturkan UNY telah menyediakan fasilitas khusus bagi peserta disabilitas netra yakni berupa software dan audio yang mendukung. Ia mengatakan langkah tersebut sudah diimbau lewat Peraturan Menristekdikti no 46 tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi. Aturan tersebut memberikan jaminan bagi penyandang disabilitas untuk bisa menjalankan studi di PTN. Sebagai penerima prioritas, mereka juga mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK). (Restu)

Sumber: detik.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.