Tuli Bisa Nikmati Musik? Ini Dia Caranya!

Teman Tuli bisa menikmati musik melalui getaran yang diterima lalu diterima menjadi irama dan ritme

179  views

KamiBijak.com, Ruang KamiBijak – Tahukan anda? jika terdapat beberapa musisi-musisi Tuli yang sudah mendunia.

Seperti, Sean Forbes seorang penyanyi Tuli Hip-hop asal Amerika, Mandey Harvey penyanyi Tuli dan penulis lagu dari Colorado, dan seorang musisi komposer legendaris Ludwig Van Beethoven.

Lantas bagaimana Tuli bisa menikmati musik?

Walaupun Tuli tidak mampu mendengar suara melalui telinga, Tuli ternyata bisa merasakannya. Mereka bisa merasakan pola dan isyarat irama melalui getaran. Getaran yang dirasakan bisa dateng dari kedua tangan, tulang belulang, dan bagian tubuh lainnya.

Tuli tidak mempunyai kemampuan untuk menangkap suara seperti orang dengar. Getaran suara tidak bisa diterima, dan saraf telinga tidak mengantarkan sinyal suara pada otak. 

Maka dari itu, korteks pendengaran tidak menerima sinyal apapun dari telinga.

menurut dr. Dean Shibata dari laman WebMD, menemukan jika Tuli dapat merasakan getaran dari musik di bagian otak yang sama dengan yang digunakan orang dengar.

Teman Tuli tak bisa menerima suara yang diantarkan ke otak, namun otaklah yang mampu merespons gelombang getaran dari tubuh dan dianggap sebagai irama dan ritme.

Dilansir dari jurnal Brain Sciences 2014. disebutkan jika Tuli menerima getaran musik dirasakan melalui tangan atau jari, aktivasi korteks pendengaran otak Teman Tuli lebih besar dibanding orang dengar.

Dengan demikian Teman Tuli maupun Teman dengar memiliki cara tersendiri untuk menikmati musik. (MG/Dicky)

Sumber: bogor.tribunnews.com dan idntimes.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.