BijakFun

Tips untuk Disabilitas Netra Agar Lancar Mengikuti Kelas Inklusi Bahasa Inggris!

Berikut ini ada tips untuk murid Disabilitas Netra agar bisa mengikuti kelas inklusi bahasa Inggris.

1635   views

Kamibijak.com, Hiburan – Pendidikan menjadi hal utama yang diperlukan diri kita sejak dini untuk menambah wawasan sebagai bekal pengetahuan di masa depan. Setiap orang memiliki hak pendidikan yang sama, termasuk teman Disabilitas Netra.

Namun, Disabilitas Netra harus menghadapi banyak tantangan tersendiri ketika menemui beberapa mata pelajaran. Terutama pada pelajaran eksakta, seperti fisika, kimia, matematika, dan bahasa asing.

Misalnya saja pada pelajaran bahasa asing. Disabilitas Netra sering mengalami kesulitan saat menemui aksara serta ejaan yang berbeda dari bahasa sehari-hari.

Mark Hinde, seorang pengajar bahasa Inggris dari Indonesia Australia Language Foundation (IALF) engatakan bahwa kelas inklusi bahasa Inggris akan berlangsung dengan baik ketika akses bagi siswa berkebutuhan khusus tersedia sama baiknya.

Bagi siswa yang mengalami keterbatasan penglihatan, dapat belajar dengan lebih independen karena telah tersedia materi dalam bentuk digital. Sementara itu, sepuluh tahun lalu menurut dia, masih banyak siswa yang menggunakan media belajar Braille.

"Dan mereka ditemani oleh pendamping yang bertugas membacakan materi," kata Mark Hinde.

Ia menjelaskan, salah satu upaya agar kelas bahasa Inggris inklusi dapat berlangsung dengan lancar adalah tersedianya materi yang telah dipersiapkan oleh guru untuk siswa Disabilitas Netra. Tantangan terbesar yang harus dihadapi siswa Disabilitas ketika di kelas inklusi bahasa Inggris yaitu pada waktu dan suasana, khususnya ketika ada suara dalam kelas.

Menurut Mark Hinde, siswa Disabilitas Netra sebaiknya tidak duduk di bagian belakang karena akan mengganggu konsentrasi mereka dalam mendengar. Menurut Mark Hinde, guru juga hal penting yang dibutuhkan sebagai pendamping ketika mulai ujian.

Saat ujian, siswa Disabilitas Netra dipisah dengan murid lain karena cara mengakses soal ujian yang berbeda. Tentunya peran guru pendamping dibutuhkan ketika terdapat materi ujian yang tidak bisa diakses oleh murid Disabilitas Netra.

Pengajar bahasa Inggris dalam kelas inklusi berasal dari guru dengan latar belakang pendidikan umum. Namun, para guru harus mengikuti program pelatihan khusus dalam menangani siswa Disabilitas.

"Kami memiliki pelatihan berkala sekaligus pemantauan kegiatan belajar mengajar untuk kelas inklusi," tutup Komang Wartini salah satu pengajar bahasa Inggris di IALF. (LEAS/MG)

Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1369627/tips-agar-kelas-inklusi-bahasa-inggris-buat-tunanetra-berjalan-lancar/full&view=ok
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): disabilitas netra,teman netra,tips disabilitas netra,tips teman netra,tips untuk disabilitas netra,tips belajar bahasa inggris,tips mahir bahasa inggris,tips belajar bahasa inggris untuk disabilitas netra,kamibijak,kami bijak