BijakFun

Tips Bagi Pengguna Kursi Roda Yang Ingin Menjalankan Ibadah Puasa

Semua manusia yang beragama Muslim pasti ingin menjalankan puasa.

239  views

KamiBijak.com, Hiburan - Muslim manapun pasti ingin menjalankan ibadah puasa selama Ramadan, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Meski beberapa kondisi tidak bisa dipaksakan dan harus dengan resep dokter, penyandang disabilitas juga bisa ikut berpuasa.

Seperti yang dikatakan oleh Spesialis Kedokteran Fisik dan Olahraga, Dr. Adri Fauzan, Sp.KFR, pengguna kursi roda yang ingin berpuasa tidak berbeda dengan yang tidak memiliki kursi roda. Nutrisi yang cukup, tidur dan aspek psikologis perlu diperhatikan.

"Konsumsi cairan yang cukup bisa dengan prinsip 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, 4 gelas terbagi saat malam hari, hindari olahraga berat saat pagi atau siang hari dikhawatirkan terjadi dehidrasi maupun hipoglikemia (kadar gula darah turun)," katanya melalui pesan elektronik pada Disabilitas-Liputan6.com, Selasa (19/4/2022).

Selain itu, menurut dr Adri, orang yang ingin berpuasa sebaiknya menghindari minum teh, kopi, atau cokelat dalam jumlah banyak, karena dapat menyebabkan pengeluaran urin lebih banyak dan menghindari dehidrasi, terutama saat sahur.

Tidur Cukup
Tidur yang cukup 6-8 jam sehari dapat menjaga stamina fisik yang baik, kata dr Adri. Penting juga untuk menjaga sisi mental, melanjutkan puasa untuk keperluan ibadah, dan tetap aktif untuk menjaga stamina otot dan kardiorespirasi yang baik, menjaga produktivitas dan pekerjaan. 
Dr Adri melanjutkan bahwa 70% dari otot adalah air, jadi Anda membutuhkan potasium dan magnesium yang berlimpah dalam pisang, air kelapa, semangka, jambu biji, tetapi juga dari sayuran seperti bayam, brokoli, sawi, dan asupan yogurt. dari kalsium.

Cukupi Kebutuhan Vitamin
Dr Adri menambahkan, kecukupan vitamin D dapat diperoleh dengan cara berjemur 2-3 kali atau minggu di waktu UVB muncul, yakni jam 9-14 selama 10-15 menit pada area kulit terbuka di tulang-tulang panjang seperti pada lengan, kaki, dan tulang belakang.

Terakhir, jangan lupa untuk rutin berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda, khususnya spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, untuk menghindari efek samping jangka panjang pada pengguna kursi roda. (Michelle/MG)

Sumber: Liputan6.com

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.