BijakFun

Tetap Tertidur Walau Keadaan Berisik, Sang Ayah Curiga Anaknya Tuli

Saat usia 8 bulan belum bisa duduk sempurna, hingga tetap pulas tertidur meskipun keadaan berisik, sang ayah curiga anaknya berbeda dari yang lain.

4027   views

KamiBijak.com, Hiburan – Mardonius Tri Tjahyo Adi adalah seorang ayah yang dikaruniai anak dengan disabilitas Tuli dan Asperger  yang bernama Anfield Wibowo. Disabilitas yang dimiliki Anfield mulai terlihat pada umur 9 bulan di mana perkembangan motorik kasarnya tidak seperti anak pada umumnya.

Sang ayah yang akrab disapa Doni mengungkapkan bahwa hingga umur 8 bulan Anfield masih belum bisa duduk, di mana pada umumnya saat umur 6 bulan balita sudah bisa duduk tanpa terjatuh.

Walau keadaan motorik kasarnya tak seperti anak pada umumnya, tapi Doni dan istri sama sekali tak berpikir bahwa buah hatinya menyandang Tuli. Namun, kecurigaan itu datang disaat Anfield tetap tertidur nyenyak walaupun keadaan sekitar berisik.

Melihat ada yang berbeda dari anaknya, Doni pun memutuskan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter ahli tumbuh kembang anak. Akan tetapi sampai di sana, dokter tidak terlalu mengkhawatirkan motorik Anfield karena itu semua bisa diterapi. Namun, dokter merekomendasikan Doni untuk membawa Anfield ke dokter THT guna memeriksa telinganya.

Sesampainya di dokter telinga hidung tenggorokan (THT), Anfield didiagnosis menyandang Tuli. Saat itu, dokter menasihati Doni dan istrinya untuk kuat menerima keadaan anaknya, dengan demikian sang anak pun akan kuat.

Setelahnya, Doni kembali ke rumah dan menceritakan kepada seluruh keluarga. Seluruh keluarga pun ternyata menyambut dengan baik dan tak segan untuk memberi dukungan.

Bukan hanya Tuli, Anfield juga didiagnosis Asperger atau spektrum autisme yang ringan. Diagnosis ini baru tegak di usia 5. Namun, hal itu bukan menjadi hambatan melainkan membuat dirinya menjadi lebih unik.

Keunikan Anfield juga terlihat dari hasil karya lukisnya. Remaja yang baru lulus SMP luar biasa (SMPLB) ini gemar sekali melukis dengan perspektif yang berbeda dengan teman-temannya.

“Psikolog juga menyebut Anfield sebagai seniman yang otak kanannya sangat kuat karena dia punya perspektif lukisan yang berbeda dengan teman-temannya,” tutup Doni. (Joang/MG)

Sumber : https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4617600/tetap-tidur-nyenyak-walau-bising-awal-kecurigaan-ayah-ini-pada-anaknya-yang-menyandang-tuli

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

===============================================
Tag: tuli,teman tuli,anak tuli,gejala anak tuli,disabilitas tuli,teman disabilitas,anfield wibowo,anfield wibowo deaf,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com