KabarBijak

Teman Disabilitas Harus Diperhatikan Saat Mendapatkan Vaksin Covid-19

Vaksinasi COVID-19 teman Disabilitas harus diberi perhatian khusus,sebagaimana sesuai UU Penanganan Bencana dan UU No 8 Tahun 2016 Tentang Disabilitas

549   views

Kamibijak.com, Infosiana –  Eva Rahmi Kasim sebagai Direktur Rehabitilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial mengatakan dalam pemberian vaksin COVID-19, teman-teman Disabilitas serta pendampingnya adalah kelompok yang harus dan perlu diberi perhatian lebih.

"Sekarang dalam pemberian vaksin, bagaimana vaksin bisa menjangkau teman-teman Disabilitas dan para pendamping yang bekerja dalam penanganan Disabilitas," kata Eva dalam diskusi secara daring dengan tema Pekan Klaster Nasional Pengungsian dan Perlindungan di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Menurutnya, perlindungan terhadap teman-teman Disabililitas sebagai bagian dari masyarakat rentan ini sebagaimana tertuang dalam UU Penanganan Bencana serta UU Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Disabilitas.

Sudah genap satu tahun bencana yang berupa penyakit seperti COVID-19 saat ini tengah dihadapi di Indonesia ini.

Pembatasan-pembatasan seperti kebijakan PPKM Mikro dan protokol kesehatan juga telah diterapkan kepada teman-teman Disabilitas. Dan pihaknya juga menyoroti upaya perlindungan teman-teman Disabilitas dalam penanganan kebencanaan, ujarnya.

Upaya agar teman-teman Disabilitas sebagai bagian dari kelompok masyarakat rentan agar mendapatkan perlindungan dan akses informasi yang lebih baik dalam penanganan bencana terus dilakukan oleh Kementerian Sosial. Namun, Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam hal tersebut. Perlu adanya koordinasi dan kekompakan dengan pemangku kepentingan terkait untuk mewujudkan hal tersebut.

Untuk menciptakan kembali lingkungan yang aksesibel untuk teman-teman Disabilitas perlu adanya upaya dan segera untuk dilaksanakan, diperhatikan, tidak hanya oleh Pemerintah tapi juga para stakeholders terkait, ujarnya. (FEB/MG)

Sumber: https://www.suara.com/news/2021/03/02/030000/vaksin-untuk-penyandang-disabilitas-harus-diperhatikan 

#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): disabilitas,vaksin covid-19,vaksinasi,covid 19,vaksin sinovac,teman disabilitas,uu tentang disabilitas,covid 19,vaksinasi disabilitas,penyandang disabilitas,kompas tv,vaksinasi covid 19,kamibijak,kami bijak