BijakFun

Tak Ada Pilihan, Seorang Anak Temani Ayahnya yang Disabilitas Netra Mengamen

Baru berusia 9 tahun, namun dirinya harus rela berkorban temani ayahnya mengamen setiap hari sejak dini hari.

165   views

KamiBijak, Hiburan – Kelurahan Kadipiro, Kota Solo ini ada seorang bocah yang mungkin terlahir tidak seberuntung anak-anak lainnya. Usianya yang baru menginjak 9 tahun harus memaksanya untuk kehilangan waktu bermain.

Setiap hari, anak kelas 3 Sekolah Dasar itu harus menuntun ayahnya yang Disabilitas Netra berkeliling untuk mengamen. Tidak jarang perjalanannya menempuh jarak yang cukup jauh.

Kurang lebih sekitar 10 kilometer mereka berkeliling-keliling, dari kampung hingga Pasar Gede. Itu semua mereka lakukan sejak pagi hari. Menurut ayahnya, Sony Wardana (41) mengatakan dia terpaksa mengajak Melya untuk menuntunnya saat mengamen.

“Setiap hari berangkat dari jam 03.00 WIB. Rutenya kadang ke Pasar Legi, terkadang hingga Pasar Gede,” kata Sony.

Sony merasa dirinya sudah tidak memiliki siapa-siapa lagi di dunia ini. Pengamen itu sudah lama berpisah dengan sang istri yang pergi dengan meninggalkan hutang cukup besar kepada dirinya. Itulah yang menyebabkan dirinya terpaksa sekaligus menjadikannya sebagai sebuah alasan, karena hanya Melya yang bisa menuntunnya saat harus mencari uang dengan cara mengamen.

Hasil yang didapat itu digunakan untuk membiayai kehidupan sehari-hari, termasuk membayar uang rumah kontrakannya yang berada di RT 05/RW 02, Kadipiro, Banjarsari.

Tentu saja Sony sadar, mengamen seharusnya tidak melibatkan anaknya. Namun dirinya tidak punya pilihan. Sony memang tahu harusnya sang anak belajar dan bermain, namun sekali lagi hanya ini pilihan yang tersisa.

Apalagi, tidak jarang anaknya menerima perisakan dari anak-anak sebaya di lingkungan rumahnya. “Pernah juga dikucilkan oleh kawan-kawannya,” katanya. Namun, Sony hanya bisa mengajak anaknya untuk bersabar. (Joang/MG)

Sumber : https://kumparan.com/bengawannews/kisah-melya-bocah-di-solo-yang-tiap-hari-antar-ayahnya-yang-tunanetra-mengamen-1wId4ncXZtR/full

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.
=======================================================
Tag: disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas netra,kisah inspiratif,disabilitas pengamen,kisah penyandang disabilitas,pasar gede,kota solo,
kelurahan kadipiro,sony wardana,kamibijak,kamibijak.com