BijakFun

SOIna Siap Gelar Pekan Special Olympic Nasional pada 3-8 Juli 2022

Pesonas diadakan untuk mencetak talenta baru dari kalangan anak-anak penyandang disabilitas.

251  views

KamiBijak.com, Hiburan - Pekan Olimpiade Khusus Nasional (Pesonas) 2022 akan diselenggarakan oleh Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 3-8 Juli di Semarang, Jawa Tengah. Pesonas merupakan acara yang mencakup 12 pertandingan olahraga dan kegiatan lainnya seperti seni, budaya, konvensi keluarga dan pemuda SOIna, cek kesehatan dan berbagai bentuk inovasi lainnya.

Menurut Ketua Umum SOIna, Warsito Ellwein, Pesonas bertujuan untuk mengembangkan bakat-bakat baru bagi anak-anak penyandang disabilitas. Namun, tergantung keadaannya, anak berkebutuhan khusus harus merasa aman, nyaman, bersahabat, rukun, dan bahagia selama kegiatan Pesonas.

“Jadi selama Pesonas nanti kita bangun suasana itu sehingga setelah kegiatan Pesonas, dalam kehidupan sehari-hari mereka juga merasa aman dan nyaman,” ujar Warsito mengutip keterangan pers Jumat (1/4/2022).

Kegiatan Pesonas

Pada kesempatan yang sama, Onisuhasono, Ketua Panitia Pesona, menjelaskan Pesonas akan diisi dengan berbagai kegiatan olahraga dan non-olahraga, seperti seni dan budaya. Sementara persiapan Pesonas sudah dilakukan di tingkat provinsi, dengan pengurus daerah membentuk tim ke Semarang. 
Atlet diberangkatkan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan diberi wewenang penuh oleh Bupati.

“Dalam Pesonas ini, kompetisi bukanlah kegiatan yang utama. Yang utama adalah memperkenalkan anak-anak bertalenta khusus yang perlu kita perhatikan dan perlu kita dukung dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ony.

Acara tersebut akan diselenggarakan sedemikian rupa untuk memberikan tempat berkumpul yang aman, nyaman, terbuka, dan gratis bagi ribuan atlet peserta. Situasi ini diharapkan menjadi pengalaman yang luar biasa, karena penyandang disabilitas menghadapi berbagai kesulitan dalam memperoleh kemandirian dalam kehidupan sehari-hari.

Tanggapan Menpora

Terkait rencana tersebut, Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), menyatakan dukungan pemerintah terhadap acara tersebut. Menurutnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga akan memberikan dukungan sesuai dengan regulasi dan kemampuan kementerian. Ia melanjutkan, tentunya secara pribadi menyambut baik dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan manajemen SOIna dan penyelenggara Pesonas.
“Selamat dan sukses untuk Pesonas tahun 2022,” katanya. (Michelle/MG)

Sumber: Liputan6.com

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.