KabarBijak

Simak! Bagaimana Pola Asuh Tepat untuk Orang Tua Milenial?

Workshop ini merupakan kegiatan rutin Acquaree Spa Journey. Lalu bagaimana pola asuh yang tepat untuk diterapkan orang tua milenial?

399   views

Kamibijak.com, Infosiana - Di era milenal, orang tua muda dituntut untuk dapat memahami pola asuh anak yang tepat agar anak memiliki pola pikir yang kreatif dan juga kritis. Pesan tersebut menjadi tema hangat dalam workshop  bertajuk 'Milenial Parenting' yang diselenggarakan oleh Acquaree Spa Journey Gading Serpong, Sabtu,(7/12) lalu.

Head of Acquaree, Lia, mengatakan workshop ini menjadi sarana edukasi parenting bagi orang tua milenial. Menurutnya, masih banyak orang tua milenial yang bingung dengan pola asuh untuk mengatur anak yang sudah mengenal gadget pada usia dini.

“Workshop yang diisi oleh psikolog anak, Anita Chandra, ini akan menjelaskan bagaimana cara berkomunikasi anak dengan orangtua tentang masalah-masalah milenial.” ujar Lia kepada KamiBijak.com.

Cara berbagi pengalaman yang berjalan dua arah ini memberikan kesempatan kepada orang tua milenial untuk menceritakan suka-dukanya dalam mengasuh anak.  Narasumber dalam workshop, Anita Chandra,M.Psi, adalah seorang wanita paruh baya yang mendedikasikan hidupnya untuk memberikan nasihat-nasihat seputar pola mengasuh anak cocok untuk era milenial.

"Pola asuh demokratis memang pola yang cocok diterapkan kepada anak-anak masa kini. Di masa depan mereka dituntut untuk memiliki pola berfikir yang kritis dan kreatif. Maka jika orang tua menggunakan pola asuh yang otoriter, maka sudah dipastikan terciptanya konflik di antara keduanya,"

Namun ia juga menambahkan bahwa pola demokratis juga bersinggungan denga pola asuh yang permisif. Yaitu orang tua yang terlalu bebas dalam mendidik anaknya. Hal ini juga kurang tepat.

"Orang tua perlu memahami kondisi anaknya. Jangan pula menjadi terlalu permisif dengan terlalu  membebaskan anaknya, tetapi harus ada dialog. Agar dapat memahami kemauan anak, agar anak dapat berfikir secara kritis mengenai batasan-batasan baik dan buruk tindakannya,” tuturnya.

Diskusi dua arah ini juga menjadi ajang orangtua untuk mengkonfirmasi kebenaran informasi mengenai pola asuh yang beredar luas di jagad dunia maya. Tidak semua informasi yang ada di internet benar dan sesuai dengan kepribadian masing-masing anak.

Para peserta workshop dipersilahkan untuk membawa buah hatinya. Terdapat arena bermain Acquaree dengan fasilitas yang lengkap untuk mengakomodasi sensor motorik anak dengan berbagai macam kegiatan. Membuat anak tidak terfokus pada gadgetnya saja.

Sumber : Hasil liputan (Sabtu 7 Desember 2019, JHL Solitaire Hotel)
----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

=============
tag: milenial parenting,orang tua milenial,workshop milenial parenting,pola asuh,pola asuh anak,pola asuh orang tua milenial,acquaree spa journey