BijakFun

SignUp Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Karya Mariella Satow

Mariella Satow membuat aplikasi penerjemah bahasa isyarat di film dan di platform streaming.

660   views

KamiBijak.com, Hiburan - Mariella Satow seorang kewarganegaraan Inggris-Amerika Serikat ini diketahui membuat aplikasi SignUp yang merupakan aplikasi bahasa isyarat. Ide ini muncul saat ia terjebak di New York sejak 2020 lalu. Selain itu juga, ia mendapat ide ketika belajar bahasa isyarat Amerika atau American Sign Language (ASL) yang di mana bahasa isyarat tersebut menjadi salah satu bahasa isyarat di seluruh dunia.

Diperlukan waktu satu tahun bagi gadis 17 tahun itu untuk mengembangkan teknologi yang ia ciptakan. Diperlukan bantuan seperti dari guru ASL dan dukungan penuh dari komunitas Tuli. Aplikasi ini telah tersedia di AS sebagai ekstensi Google Chrome. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Big Hack, banyak platform streaming yang menawarkan teks tertutup dan deskripsi audio. Namun aplikasi itu hanya tersedia dalam film Disney Plus saat ini. Dan hal itulah yang membuat Mariella tergerak untuk mengembangkan aplikasi yang ia kembangkan. 

Banyak respon positif yang diberikan karena adanya aplikasi ini, salah satunya pujian yang dilemparkan oleh Jarod seorang pekerja di salah satu sekolah untuk anak-anak Tuli, ia mengatakan bahwa sesuatu hal yang menyenangkan saat Toby sang anak, menggunakan aplikasi tersebut.

Karena Toby sendiri merupakan seorang Tuli yang sering sekali mengalami kesulitan saat ingin menonton film atau TV di platform streaming, karena menurutnya hal tersebut tidak ada gunanya karena tidak ada bahasa isyarat di dalamnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Stacey, ia mengatakan dengan hadirnya aplikasi SignUp ini membuat film dan TV menjadi mudah akses bagi siapapun terutama bagi komunitas Tuli. 

Karena banyaknya respon positif yang diberikan membuat Mariella semakin bersemangat, hal ini menjadi memacu semangat Mariella untuk siap melakukan tantangan yang lain seperti membuat dalam versi  Bahasa Isyarat Inggris dari aplikasinya untuk platform streaming lain seperti Netflix dan Amazon Prime. (GLOR/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/global/read/4697857/mariella-satow-gadis-17-tahun-pembuat-aplikasi-penerjemah-bahasa-isyarat-dalam-film         

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
Follow kami juga di sini:

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok
======================================================================
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.