Sejarah Valentine dan Berbagai Jenis Ekspresi Cinta di Seluruh Dunia

Bagaimana cara beberapa negara mengekspresikan cinta? Yuk kita simak!

1,217  views

Kamibijak.com, Ruang KamiBijak – Hari Valentine, juga disebut Hari St. Valentine, hari di mana banyak pasangan mengekspresikan kasih sayang mereka dengan cokelat dan hadiah. Sementara beberapa orang percaya bahwa Hari Valentine dirayakan pada pertengahan Februari untuk memperingati ulang tahun kematian atau penguburan Valentine — yang mungkin terjadi sekitar tahun 270 M — yang lain mengklaim bahwa gereja Kristen mungkin telah memutuskan untuk menempatkan hari raya St. Valentine di pertengahan Februari dalam upaya untuk "Mengkristenkan" perayaan pagan Lupercalia. Lupercalia adalah festival kesuburan yang didedikasikan untuk Faunus, dewa pertanian Romawi, serta pendiri Romawi Romulus dan Remus yang diarayakan tiap 15 Februari

Valentine biasanya digambarkan oleh Cupid, dewa cinta Romawi, dan hati. Hadiah tradisional Valentine serinhg digambarkan dengan permen, bunga mawar merah, simbol keindahan, dan cinta. Hari perayaan ini awalnya populer di Amerika Serikat serta di Inggris, Kanada, dan Australia, dan juga dirayakan di negara-negara lain, termasuk Argentina, Prancis, Meksiko, dan Korea Selatan. Di Filipina, hari ini menjadi hari pernikahan massal ratusan pasangan. 

Selain berbentuk hadiah, banyak juga bentuk ekspresi cinta dari seluruh dunia, salah satu yang paling terkenal saat ini adalah Korea Selatan dengan jari hati atau sonkarak hateu. Di Korea Selatan, gestur ini adalah simbol cinta yang akrab di antara bintang K-pop dan penggemarnya. Finger heart biasanya dibuat menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Gestur jempol dan jari telunjuk telah menjadi populer di beberapa bagian dunia, terutama di Asia, karena popularitas K-pop dan drama Korea. 

Ungkapan cinta juga dapat diekspresikan secara non-verbal, loh! 

Dalam ASL atau American Sign Language terdapat bentuk pengucapan I Love You yang sangat ikonik, yaitu dengan kombinasi huruf jari “I’, “L”, dan “Y”.

ASL tersebut berasal dari antara anak-anak sekolah Tuli  yang menggunakan Bahasa Isyarat Amerika untuk membuat tanda dari kombinasi tanda untuk huruf I, L dan Y (I Love You).  Tanda itu adalah ekspresi informal dari salah satu dari beberapa perasaan positif, mulai dari harga diri umum hingga cinta. 

ASL ini juga dijadikan referensi saat membuat gerakan Spiderman saat sedang menembakkan jaringnya, loh! (MG/Disha)

Sumber: Naskah KamiBijak

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
Follow kami juga di sini: 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.