BijakFlash

Piala Dunia di Qatar Ramah bagi Penonton Disabilitas

Piala Dunia di Qatar membuat buku panduan untuk memudahkan akses bagi disabilitas.

230  views

KamiBijak.com, Flash Qatar Foundation (QF) membuktikan komitmennya terhadap aksesibilitas untuk semua kalangan yang menonton langsung Piala Dunia di Qatar. Melalui buku panduan, disabilitas diharapkan dapat menikmati pengalaman menonton bola dan berwisata di Qatar dengan nyaman.

Buku panduan yang bernama “Qatar For All” ini tersedia dalam bahasa Arab, Inggris, dan juga versi braille untuk netra.

Pada bagian turnamen, buku panduan mencakup informasi aksesibilitas stadion seperti, lokasi kursi yang menghadap ke lapangan, kamar mandi, alat bantu dengar, ruang sensorik, komentar deskriptif audio langsung di antara banyak lainnya.

Panduan ini juga secara rinci membantu penyandang disabilitas dalam untuk menuju ke setiap arena, serta jarak berjalan kaki atau petunjuk umum transportasi ke stadion.

Qatar Foundation membantu memastikan ini adalah perayaan olahraga yang dapat dinikmati oleh semua orang,” ujar Alexandra Chalat, Direktur World Cup Legacy di QF.

Dalam buku panduan juga pengunjung Qatar akan ditunjukkan tempat-tempat istimewa termasuk pantai Katara yang ramah bagi pengguna kursi roda.

Selain itu, ada pula pengenalan Ability Friendly Program, tempat anak-anak disabilitas bisa menunjukkan kemampuan olahraga seperti renang, sepak bola, ataupun kriket.

“Ekosistem di QF sudah dirancang dengan mempertimbangkan inklusi. Setiap orang dapat belajar dan berkembang. Kami berfokus pada aksesibilitas,” kata Nardine Gerges, Manajer Proyek di Kantor Kepala Komunikasi di Qatar Foundation, kepada Doha News.

Menurut Nardine, buku panduan ini terinspirasi oleh permintaan khusus aksesibilitas, sehingga akhirnya dibuat berdasarkan pengalaman dan rekomendasi para disabilitas. Ia juga menambahkan, panduan QF ini juga dirancang untuk semua orang, termasuk orang tua dan anak-anak di kereta bayi.

“Ada banyak disabilitas tak terlihat yang tidak disadari orang. Orang kebanyakan sadar akan disabilitas yang bisa dilihat, sementara ada disabilitas seperti belajar dan disabilitas kognitif yang tidak terlihat oleh mata,” tambahnya.

Dalam pembuatan buku panduan, ini, QF juga berdiskusi dengan entitas lain, termasuk Supreme Committee for Delivery and Legacy (SC), Visit Qatar, dan Qatar Tourism.

“Kami berterima kasih kepada Qatar Foundation karena telah mengembangkan Panduan Aksesibilitas yang penting ini, yang pasti akan melanjutkan pembicaraan tentang aksesibilitas dan membangun warisan Qatar 2022,” kata Yasir Al Jamal, Direktur Jenderal di SC.

Dengan setidaknya 1,5 juta penggemar saat ini di Qatar, panduan ini juga ditampilkan di aplikasi Hayya, portal bagi pengunjung dan penduduk untuk mengakses semua hal tentang Qatar selama turnamen besar.

“Qatar Foundation membantu memastikan ini adalah perayaan olahraga yang dapat dinikmati oleh semua orang,” kata Alexandra Chalat, Direktur World Cup Legacy di QF. (MG/Nadia)

Sumber: Liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.