KabarBijak

Penyandang Disabilitas Unjuk Gigi Pamerkan Karyanya Dalam W20 Manokwari

W20 Manokwari menjadi ajang untuk penyandang disabilitas memamerkan karya seninya.

2,818  views

Kamibijak.com, Infosiana  – Beragam karya seni hasil penyandang disabilitas dari berbagai daerah di indonesia dipamerkan dalam ajang W20 di Manokwari, ibu kota Papua Barat.

Woman 20 (W20) berlangsung selama dua hari, 8-10 Juni 2022. W20 menjadi ajang bagi para seniman disabilitas untuk menjual hasil karya seni mereka sehingga berdampak pada penghasilan mereka di masa depan.

Pameran Dis Art Fest 2022 tersebut dibuka di dua lokasi yaitu Manokwari City Mall dan Hotel Aston Niu Manokwari. Keduanya merupakan bentuk dukungan Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) kepada UMKM Disabilitas.

Hermasari Dharmabumi selaku Ketua III PTI mengatakan hasil karya teman-teman disabilitas seperti kerajinan tangan, ukiran dan karya seni lainnya akan dipamerkan dalam ajang W20 mengingat kegiatan tersebut dihadiri oleh banyak peserta.

Yayasan PTI menyediakan marketplace untuk menjual karya seni hasil kreativitas disabilitas secara digital. 

Dekatnya jarak antara disabilitas dengan kemiskinan menjadi hal penting untuk semua pihak memberikan perhatian terhadap UMKM Disabilitas. 

“Saya sendiri merupakan ibu single parent dari anak disabilitas, yang harus terseret ke jurang kemiskinan karena tidak dapat bekerja. Ini hanya satu contoh dan tentunya masih banyak kondisi serupa yang dialami keluarga disabilitas,” tutur Hermasari.

Hasil sensus ekonomi nasional 2018 mencatat sebanyak 14,2% dari total jumlah penduduk indonesia adalah kaum penyandang disabilitas sehingga hal ini penting menjadi perhatian serius dari lintas sektor.(MG/Luther)

Sumber: antaranews.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel     
 
Follow kami juga di sini: 

 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.