BijakFun

Penting Nih! Tips Selamatkan Akun Gmail dari Peretas

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk melindungi akun Gmail.

189   views

Kamibijak.com, Hiburan – Seiring perkembangan teknologi, tingkat kejahatan digital semakin tinggi. Banyak sekali cara-cara yang dilakukan orang tak bertanggung jawab untuk meretas (hacking).

Motif meretas bisa berbagai macam. Seperti untuk keperluan pribadi, melampiaskan rasa dendam, dan lain-lain. Surat elektronik adalah salah satu hal yang bisa diretas. Surat elektronik yang sering kita pakai salah satunya adalah Gmail.

Seseorang bisa dengan mudah meretas akun Gmail yang tersinkronisasi banyak hal. Seperti isi pesan, kontak, sejarah lokasi, percakapan, dan lain-lain.

Menurut laman Daily Star dan Cnet, berikut langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk melindungi akun Gmail dari peretas.

Perpaduan kata sandi yang kuat
Masalah yang sering ditemui adalah menggunakan perpaduan kata sandi yang cukup mudah diretas. Biasanya, orang-orang yang menggunakan kata sandi yang mudah agar mudah diingat.
Dengan menggunakan pola kata sandi yang mudah, peretas dapat menebak kata sandimu. Sebaiknya gunakan kata sandi yang sulit ditebak agar peretas tidak mudah mengacak-acak akunmu.
Google menyarankan untuk membuat kata sandi dengan pola huruf, angka, dan simbol. Kata sandi ini memang terlihat sulit dan unik, namun hal ini dilakukan agar akun kamu terhindar dari peretas.

Verifikasi dua arah
Two Factor Authentication (2FA) adalah fitur yang akan meminta verifikasi dengan dua langkah. Di antaranya adalah memasukan kata sandi dan kode verifikasi lewat nomor teleponmu.
Google meningkatkan keamanan akun agar peretas tidak bisa sembarang mengakses akunmu. Ini sangat membantu. Ini adalah cara untuk mengaktifkan 2FA:
1. Buka laman Google Account.
2. Klik Keamanan dibagian navigasi (kiri layar).
3. Pilih Signing to Google, lalu klik 2-Step Verification.
4. Klik Get Started.
5. ikut instruksi Google yang selanjutnya.

Cek kontak cadangan
Periksa dengan rutin nomor telepon yang ada di Google. Ini yang akan digunakan Google untuk memverifikasi akunmu bahwa kamulah pemilik akun tersebut.

Cara mengetahui aku sedang diretas atau tidak?
Google telah menyediakan sumber daya yang dapat memeriksa secara rinci terhadap basis data akun surel dan kata sandi yang diretas.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/begini-caranya-lindungi-akun-gmail-dari-peretas
#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): tips,tips terhindar dari peretas,mencegah peretasaan email,agar email tidak mudah dihack,agar akun gmail tidak mudah dihack,gmail,google mail,tips gmail,cara menghindari hacker gmail,kamibijak,kami bijak