KabarBijak

Pengembangan Vaksin Merah Putih Hampir Tuntas

Genap satu tahun pandemi telah dilewati, pengembangan vaksin Merah Putih sudah hampir 100 persen tuntas.

302   views

Kamibijak.com, Infosiana – Bambang PS Brodjonegoro, Menteri Riset dan Teknologi mengatakan bahwa kegiatan riset dan pengembangan vaksin Merah Putih dalam skala laboratorium sudah hampir 100 persen tuntas.

"Rencananya bulan Maret 2021, mungkin akhir, kita akan mulai menyerahkan bibit vaksinnya ke Bio Farma. Jadi tahapan di lab itu sudah hampir 100 persen," katanya dalam acara virtual peringatan Satu Tahun Pandemi COVID-19 dengan tema "Inovasi Indonesia Untuk Indonesia Puilih, Bangkit, dan Maju" di Jakarta, Selasa

Bambang memaparkan, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman menargetkan bisa menyerahkan bibit vaksin yang dikembangkan dengan platform subunit protein rekombinan ke PT Bio Farma pada Maret 2021.

Dan setelah mendapatkan bibit vaksin Bio Farma harus melakukan proses optimasi dan purifikasi untuk membersihkan bibit vaksin dan kemudian melakukan uji klinis. Lalu, vaksin harus mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar bisa diproduksi secara massal dan bisa digunakan oleh masyarakat.

Seluruh biaya riset bibit vaksin Merah Putih akan didukung penuh oleh pemerintah Indonesia.

Amin Soebandrio selaku Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman mengatakan, pada kuartal ketiga atau keempat tahun 2021 baru bisa dilakukannya uji klinik Vaksin Merah Putih.

"Teman-teman di laboratorium semuanya sudah berjuang mati-matian untuk mencapai target karena kami hanya diberikan waktu 12 bulan untuk mengembangkan bibit vaksinnya," ujarnya.

Ia sendiri berharap izin penggunaan darurat vaksin Merah Putih bisa didapatkan pada pertengahan 2022.

Tak hanya Lembaga Biologi Molekuler Eijkman yang mengembangkan vaksin Merah Putih. Tetapi ada dari beberapa lembaga penelitian dan perguruan tinggi yang berbeda juga, diantaranya Universitas Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan Universitas Gadjah Mada. (FEB/MG)

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2023032/setahun-pandemi-pengembangan-vaksin-merah-putih-hampir-tuntas
#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): vaksin merah putih,vaksin,covid 19,corona,virus corona,vaksin covid 19,vaksin corona,vaksin merah putih terkini,vaksin covid 19 buatan indonesia,vaksin corona buatan indonesia,eijkman,kamibijak,kami bijak