KabarBijak

Penerapan Ganjil Genap untuk Kurangi Penyebaran Covid-19 tak Efektif?

Penerapan ganjil genap dilakukan untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19. Apakah langkah Pemprov ini efektif?

404   views

Kamibijak.com, Infosiana – Penerapan ganjil genap di 25 titik di DKI Jakarta dianggap tidak mengurangi kasus penyebaran Covid-19. Kebijakan yang diklaim sebagai salah satu cara meminimalisir penyebaran virus corona ini tak efektif. Kasus Covid-19 masih mengalami kenaikan. 

Penerapan ganjil genap mendapat sorotan dari banyak pihak, salah satunya disampaikan Azas Tigor Nainggolan, Pengamat Perkotaan. Tigor menjelaskan bahwa penerapan ganjil genap tidak dibutuhkan saat situasi pandemi Covid-19.

Penerapan ganjil genap dibuat untuk meredam penggunaan angka kendaraan bermotor pribadi agar tidak berdampak kemacetan pada saat keadaan normal.

Menurut Tigor, penerapan ganjil genap hanya untuk mengendalikan penggunaan kendaraan milik pribadi, bukan untuk mengendalikan warga Jakarta. Ganjil genap adalah salah satu strategi yang dilakukan pada masa normal.

"Salah jika Pemprov Jakarta ingin tetap menerapkan kebijakan ganjil genap pada masa pandemi COVID- 19," kata Koordinator Forum Warga Kota Jakarta ini.
Menurut pengamatan Tigor, kemacetan di Jakarta saat masa pandemi Covid-19 disebabkan oleh tidak seimbangnya antara ketersediaan dan permintaan penggunaan transportasi publik. 

"Akhirnya masyarakat lebih percaya dan lebih merasa sehat menggunakan kendaraan pribadinya seperti motor dan mobilnya," jelas Tigor. 

Ia menilai Pemprov DKI Jakarta harus fokus mempersiapkan, mengawasi, serta meyakinkan dengan sungguh-sungguh kepada masyarakat bahwa fasilitas layanan dan peningkatan akses saat masa pandemi sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

"Seharusnya pemerintah fokus melakukan pengawasan dan penegakan secara benar juga konsisten terhadap pelaksanaan kapasitas serta jadwal kerja dan menerapkan protokol kesehatan di perkantoran dan perusahaan yang ada di Jakarta," jelas Tigor.

Sumber: https://merahputih.com/post/read/penerapan-ganjil-genap-dinilai-gak-nyambung-dengan-penanggulangan-covid-19 

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.