KabarBijak

Pemkot Malang Operasikan Bus Macito Ramah Disabilitas

Pemerintah Kota Malang akan operasikan dua bus Malang City Tour yang ramah disabilitas

2,454  views

Kamibijak.com, Infosiana – Sutiaji, Wali Kota Malang meresmikan dua unit bus Malang City Tour (Macito) pada akhir tahun 2022 lalu.

Bus Macito yang terbaru ini umumnya memiliki desain yang sama dengan bus Macito lama. Namun, warna dan corak bus menggunakan warna biru muda dan hijau muda. Selain perubahan pada keindahan bus, kali ini Pemkot Malang memberikan salah satu komitmen kepada aksesibilitas teman-teman disabilitas karena bus dilengkapi dengan tangga hidraulis. 

Animonya besar. Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan teman-teman pejuang kanker, thalasemia dan disabilitas, mereka juga mau naik Macito. Insyaallah dengan tambahan ini, Kota Malang bisa makin ramah disabilitas," jelas Sutiaji seperti yang dilansir oleh Kompas.com pada Senin, (2/1/2023) lalu.

Sutiaji mengatakan bahwa di awal tahun 2023 akan segera meresmikan serah terima dua unit bus tersebut dari program tanggung jawab sosial salah satu perusahaan Malang. Maka dari itu, nantinya akan terdapat 5 bus Macito di seluruh Kota Malang.

R Widjaja Saleh Putra, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang menambahkan bahwa bagi wartawan yang ingin naik bus Macito dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu lewat aplikasi daring.

"Selama ini wisatawan datang langsung, nanti dengan aplikasi akan mempermudah pelayanan. Aplikasi Macito nanti bisa didownload di Playstore," jelas Widjaja.

Bus Macito sendiri sebenarnya adalah bus wisata khusus bagi wisatawan yang telah disediakan secara gratis oleh pemerintah setempat dan akan dibawa berjalan keliling Kota Malang.  

Untuk jadwalnya, bus Macito beroperasi setiap hari Senin hingga Kamis beroperasi mulai pukul 09.00 WIB - 11.30 WIB dan 13.00 WIB - 15.00 WIB. Kemudian hari Sabtu dan Minggu pukul 13.00 WIB - 15.00 WIB, 15.30 WIB - 17.30 WIB dan 18.30 WIB - 20.00 WIB. (MG/Disha)

Sumber: Kompas.com

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 
  
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah membaca. Tanggapan anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.