Parakerja Indonesia: Cita-cita Mulia Rezki Achyana untuk Teman Disabilitas

Rezki Achyana pernah mengalami kesulitan dengan kursi roda sehingga membuat Kiki bercita-cita mulia untuk menyejahterakan kehidupan teman Disabilitas.

891   views

Kamibijak.com, Bincang Isyarat - Rezki Achyana atau biasa dipanggil Kiki adalah salah satu teman Disabilitas inspiratif yang kini menjabat sebagai CEO sekaligus Founder Parakerja Indonesia. Rezki berbagi kisah inspiratifnya dalam Live KamiBijak yang diadakan dengan tema Berani Baru. 

Pengalaman Kiki yang pernah mengalami masa-masa sulit karena harus menggunakan kursi roda membuatnya termotivasi. Ia memiliki cita-cita mulia yaitu menyejahterakan kehidupan teman Disabilitas. 

Kiki mengatakan bahwa ia dapat berbahasa isyarat dari teman– teman Tuli di Batam, dan baru belajar sekitar 2 tahun yang lalu, tepatnya pada 2018 silam. 
Saat ini, Ia fokus menekuni start up Parakerja yang ditujukan untuk membantu memberikan akses pendidikan dan pelatihan bagi teman Disabilitas. 

“Saat ini sudah ada 15 ribu orang yang men-download aplikasi kami. Ada beberapa kelas bahasa isyarat untuk akses teman Tuli di dunia kerja, kita juga ada pelatihan kerja bagi teman Disabilitas lain dan juga bekerja sama dengan berbagai SLB yang ada di Indonesia.” ungkap Kiki.

Kiki yang sebelumnya berkarir di dunia pendidikan hingga sempat menjadi Direktur di empat SLB di Kepulauan Riau mulau menggarap Parakerja sejak 2018. Dia berharap Parakerja dapat membantu memperluaas akses teman Disabilitas secara online. Juga agar orang di seluruh Indonesia lebih paham tentang Disabilitas.

“Banyak nih anak-anak sekolah ini setelah sekolah lulus sulit untuk mendapat pekerjaan, kalaupun dapet pekerjaan tempatnya kerjanya tidak aksesisbel. Misalnya untuk temen Tuli lingkungan kerjanya tidak bisa berbahasa isyarat, atau teman Daksa tidak ada akses untuk kursi roda. Kemudian kita dirikan Parakerja untuk memberikan akses pendidikan untuk teman Disabilitas. Jadi kita ingin teman-teman Disabilitas bisa mendapatkan akses tapi yang kita lakukan secara digital.” ungkap Kiki.

Parakerja berfokus untuk teman Tuli dan Autisme. Kendalanya adalah banyak orang-orang yang belum mengerti tentang bahasa isyarat dan pemahaman tentang bahasa Isyarat juga masih terbatas. Oleh karena itu, Parakerja bekerjasama dengan komunitas Tuli juga sering sharing dengan teman Tuli agar bisa bekerjasama dalam pelatihan kerja. 

Selain itu, Kiki juga mengungkapkan bahwa yang menjadi faktor utama keterbatasannya adalah Juru Bahasa Isyarat. Karena di Batam sendiri, hanya ada satu Juru Bahasa Isyarat yaitu dirinya sendri.

Kiki juga sebelumnya pernah menjadi Disabilitas, ia baru saja sembuh dari penyakitnya yang membuat dirinya harus menggunakan kursi roda untuk beberapa waktu, tiga bulan menggunakan kursi roda membuat Rezki Achyana ini mengingat tantangan yang dialami oleh teman Disabilitas lainnya. Dan itulah yang memotivasi dirinya.(KEI/MG)

#beranibaru #kamibijak

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=pZ7ThuZEvKY 
#BincangIsyarat
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): rezki achyana,parakerja indonesia,teman disabilitas,disabilitas,parakerja,rezki achyana disabilitas,rezki achyana parakerja indonesia,rezki achyana quora,berani baru,kisah inspiratif,inspiratif,disabilitas inspiratif,kamibijak,kami bijak