Oseng Mercon, Obat Rindu Yogyakarta

Oseng mercon adalah olahan sapi yang merupakan salah satu kuliner malam di Yogyakarta. Dengan rasa pedasnya, tentunya makanan siap menggoyang lidahmu.

521   views

Kamibijak.com, JJK – Yogyakarta tak hanya terkenal dengan wisata budaya dan gudegnya saja. Bagi yang pernah berkunjung ke Yogya dan berjalan-jalan di malam hari, pasti pernah merasakan hidup dan gemerlapnya malam di sana. Nah, di tengah gemerlap malamnya, Yogyakarta juga memiliki kuliner malamnya.

Kuliner malam di Yogyakarta menawarkan rasa yang berbeda dibanding berbagai kuliner yang tersedia di pagi hingga siang hari. Biasanya, yang tersedia dalam kuliner malam ini rasanya relatif pedas sehingga kerap ditambah kata mercon di akhir nama makanannya. Yang terkenal dari kuliner malam ini adalah gudeg mercon dan oseng mercon. Keduanya sama-sama dimasak dengan banyak cabai sehingga siap membakar lidah mereka yang menyantapnya.

Nah, kali ini Tim KamiBijak penasaran ingin membuat sendiri oseng mercon khas Yogyakarta ini. Pembuatannya sebenarnya cukup mudah, bahan-bahan yang digunakan pun relatif mudah diperoleh. Hanya saja, pembuatannya memakan waktu cukup lama karena kami memilih menggunakan lidah sehingga perlu direbus agak lama agar empuk saat disantap.

Karena oseng mercon ini masakan yang pedas, buat kalian yang tidak terlalu suka pedas mungkin bisa mengurangi atau mengatur sendiri perbandingan jumlah cabai yang digunakan. Atau bisa juga sebelum dimasak, biji cabai dibuang dulu sehingga rasa pedasnya lebih terkontrol. Tapi, kalau sedang ingin hidangan yang pedas, tentu saja oseng mercon ini bisa jadi pilihan. Apalagi dengan bahannya yang mudah didapat dan proses masaknya yang mudah.

Kalau masih takut memasak lidah karena takut alot dan bau, teman-teman bisa cuci bersih dan rebus lidah dengan rempah seperti daun salam agar lidah menjadi empuk dan pastinya tidak bau. Jangan lupa juga kuliti bagian luarnya ya, sehingga lidah yang akan disantap jelas sudah bersih.

Mengingat rasanya yang pedas gurih, tentu saja akan sulit untuk berhenti menyantap lidah ini. Tetapi ingat, makanlah secukupnya. Selain rasa pedasnya yang akan beresiko membuat perut melilit, kandungan protein dan kolesterol pada lidah juga perlu diperhitungkan.
Nah, gimana? Tertarik mencoba masakan ini? Yuk cek resepnya di bawah! Pembuatannya mudah kok!

OSENG LIDAH MERCON 
Bahan:
- 1/2 kg lidah sapi, rebus
- 6 siung bawang putih & bawang merah
- 1 buah bawang bombay
- 6 buah cabai rawit merah
- 7 buah cabai keriting
-6 cabai hijau besar
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai
- 1 ruas jahe ukuran sedang, geprek
- 2 lembar daun jeruk
- 2 sdt Garam
- 1 sdt Merica
- 3 sdt Royco Sapi
- Gula merah & kecap manis
- Air secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga matang lalu haluskan.
2. Masuk cabai rawit merah, cabai hijau besar, dan cabai keriting hingga tumis
3. Tumis bumbu halus hingga wangi lalu masukkan bawang bombay, tumis hingga layu dan wangi. Tambahkan air sedikit.
4. Masukkan daun salam, daun jeruk, batang serai dan jahe. Tumis sebentar hingga lunak.
5. Masukkan lidah sapi, lalu tambahkan garam, royco sapi, merica, kecap manis
6. Test rasa lalu masak hingga bumbu meresap.
8. Masak hingga kuah agak surut dan bumbu meresap.
9. Sajikan 


(JN/MG)
Sumber: Konten KamiBijak
#JalanJalanKuliner
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): oseng mercon,oseng mercon yogyakarta,yogyakarta,oseng lidah mercon resep oseng mercon,oseng mercon lidah sapi,oseng mercon bu narti,oseng mercon bu narti,oseng mercon khas yogyakarta,oseng mercon bu yati,kamibijak,kami bijak