BijakFun

Oktober Bulan Peduli Down Syndrome Sedunia, Ini Dia Beberapa Fakta Soal Down Syndrome

Oktober merupakan bulan peduli down syndrome sedunia, berikut beberapa hal yang kalian harus tahu mengenai down syndrome

511  views

KamiBijak.com, Hiburan – Tahukah kalian, jika bulan Oktober ini merupakan bulan peduli down syndrome sedunia? Down Syndrome merupakan kelainan genetik yang disebabkan ketika pembelahan sel menghasilkan bahan genetik tambahan dari kromosom 21. Down syndrome menyebabkan penampilan wajah yang khas, keterbatasan intelektual, keterlambatan perkembangan, dan dapat terkait dengan tiroid atau penyakit jantung. Angka kelahiran anak down syndrome berbanding 1 dari 700 kelahiran.

Hari Down Syndrome Sedunia, berikut 3 fakta soal "down syndrome" - ANTARA  News Jambi

Adapun beberapa fakta tentang down syndrom, sebagai berikut:

1. Memiliki angka harapan hidup yang tinggi

Down syndrome bukanlah sebuah penyakit, namun, sebuah kelainan yang dialami seseorang terkait lebihnya jumlah kromosom dibanding manusia pada umumnya.

Ardiansjah Dara SpOG seorang Dokter Kandungan menyebutkan jika umumnya manusia memiliki 46 kromosom dari 23 pasang kromosom pada saat lahir, maka orang yang mengalami Down Syndrome memiliki satu kromosom lebih sehingga ia memiliki 47 kromosom.

Down Syndrome memiliki angka kehidupan yang lebih tinggi dibanding kelainan genetik lainnya seperti trisomi 13 (sindrom patau) ataupun trisomi 18 (sindrom edward).

Mereka memiliki angka kehidupan tinggi dibanding dengan kelainan genetik lainnya seperti trisomi 13 (sindrom patau) ataupun trisomi 18 (sindrom edward).

2. Perubahan wajah dan lemas pada otot

Lydia Pratanu Ahli Sitologi Genetika dokter dari Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita menjelaskan dua ciri khas yang dimiliki orang down syndrome adalah lemas otot dan perubahan wajah. 

Penyandang down syndrome tidak memiliki otot yang kuat dan cukup lemah dalam kegiatan fisik. 

Untuk perubahan wajah bisa terjadi karena struktur kepala yang berubah. Keterbatasan pada fisik maupun intelektual juga umum dialami para pemilik down syndrome. 

Di samping itu mereka juga rentan terserang penyakit karena sistem imun yang kurang optimal. Semuanya itu terjadi akibat adanya kelebihan satu kromosom.

3. Stimulasi bantu pemilik down syndrome hidup normal

Down Syndrome bukanlah penyakit sehingga tidak bisa diobati. Meski demikian stimulasi sejak awal kelahiran dapat membantu para pemilik down syndrome menjalani kehidupan normal. 

Stimulasi dengan melatih kekuatan otot lewat fisioterapi juga lambat laun dapat membuat kekuatan otot bertambah seiring berjalannya waktu. 

5 Fakta Hari Down Syndrome Sedunia, Dirayakan Setiap 21 Maret

Dengan stimulasi yang tepat dan dilakukan sejak dini, orang yang mengalami down syndrome dapat hidup secara normal dan tidak terhalang keterbatasannya. (MG/Dicky)

Sumber: antaranews.com dan motherandbeyond.id

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.