KamiBijak.com, Infosiana. Dari pantauan KamiBijak di lokasi pembangunan MRT di dekat Bundaran HI pada kamis (25/10), MRT sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti contohnya tempat khusus untuk ibu hamil, lansia dan pengguna kursi roda.

“Untuk perioritas atau penumpang perioritas kita bedakan warna kursinya dengan penumpang pada umumnnya” kata Tubagus Hikmatulla, corporate secretary PT. MRT Jakarta dalam kunjungan KamiBijak di kantor PT. MRT Jakarta.

Ditanyai tentang aksesibilitas, dirinya mengatakan bahwa pihak MRT sudah ramah untuk disabilitas, namun masih dalam tahap pengembangan karena harus menyesuaikan dengan kontrak kerja awal.

Untuk disabilitas tunanetra dan kursi roda sudah di sediakan akses khusus berupa lift dan guiding block.

“Jadi ada RAMP itu kan, kalau di trotoar bisa di lihat itu dari Lift ada RAMP untuk teman-teman kursi roda. Seperti itu ya nanti itu liftnya sampai ke lantai peron dia keluar dekat kereta. Terus juga ada Taktil pemandu Block Tactile itu terus juga di toilet itu juga dimungkinkan untuk teman-teman kursi roda sampai masuk ke dalam Toilet.” pungkasnya.

Tak lupa MRT juga menyediakan akses Teks di dalam maupun di stasiun untuk Tuli. Beliau juga sudah bekomunikasi dengan teman-teman disabilitas, salah satunya dengan aktivis Tuli Surya Sahetapy untuk menanyakan hal-hal apa saja yang dibutuhkan teman-teman disabilitas.