BijakFlash

Mobil Listrik MINI Ramah Disabilitas

MINI Cooper SE, mobil listrik yang dimodifikasi agar ramah disabilitas.

88  views

KamiBijak.com, Flash – Perkembangan mobil listrik saat ini diperuntukkan bagi semua orang tidak terkecuali para disabilitas. Perusahaan mobil MINI baru saja membuat terobosan MINI Cooper SE, mobil listrik yang dimodifikasi agar ramah digunakan para disabilitas untuk bisa mengemudi sendiri.

MINI memodifikasi MINI Cooper SE ini cukup sederhana. Sama sekali tidak ada perubahan yang besar terjadi di mobil listrik ini. Hanya melakukan perubahan pada pedal gas dan tuas rem tangan dengan memindahkan ke stir kemudi. Pedal ekselerator tersebut berubah menjadi sebuah lingkaran sehingga pengemudi disabilitas dapat menekan lingkaran tersebut untuk menyesuaikan laju mobil MINI Cooper SE. 

Selain itu, MINI juga menyediakan tombol khusus yang dapat digunakan oleh pengemudi disabilitas untuk memarkirkan mobil mereka. Tombol tersebut juga digunakan ketika pengemudi disabilitas terjebak di kemacetan dan butuh kecepatan yang tidak terlalu kencang.

Selain perubahan tempat pada pedal gas, MINI juga memindahkan pedal rem tangan agar sedikit mendekat dengan stir kemudi. Pengemudi disabilitas dapat menekan tuas rem tangan ke bawah agar mobil dapat terparkir sempurna. 

Mobil listrik MINI Cooper SE ini juga sudah diuji coba oleh seorang disabilitas yang juga instruktur mengemudi, bernama Tina Schmidt-Kiendl.

"Akselerator yang berupa lingkaran cincin berdampingan dengan stir kemudi sangat ideal. Cincin itu memberi kontrol penuh untuk akselerasi dan pengereman instan," ujar Tina yang dikutip dari sindonews.com pada Rabu (27/7/2022).

Untuk saat ini MINI Cooper SE hanya untuk disabilitas yang menggunakan kursi roda saja. Namun, MINI berjanji siap mengakomodir kebutuhan para disabilitas lainnya. 

Walaupun telah memberikan terobosan buat disabilitas untuk mengemudi, tetapi hadirnya mobil listrik ini belum diikuti fasilitas pendukung lainnya. Menurut Carscoops, saat ini fasilitas pendukung kendaraan listrik di berbagai negara masih kurang ideal bagi para disabilitas karena tidak memiliki ruang yang cukup untuk mereka mengisi ulang baterai mobil listrik dengan mudah. (MG/Nadia)

Source: Sindonews.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.